Libur Lebaran, Disdukcapil Kota Magelang Tetap Buka

BUKA. Pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Kota Magelang dipastikan akan tetap buka di tengah libur Lebaran 1443 H.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
BUKA. Pelayanan administrasi kependudukan Disdukcapil Kota Magelang dipastikan akan tetap buka di tengah libur Lebaran 1443 H.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Pemkot Magelang memastikan pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Magelang tetap buka saat libur dan cuti bersama Lebaran 1443 H/2022.

”Layanan tetap buka selama libur lebaran dan cuti bersama,” kata Kepala Disdukcapil Kota Magelang, Larsita, kemarin.

Alasan membuka layanan ketika instansi lainnya libur, Larsita menilai karena justru pada momen arus mudik ini, permintaan layanan administrasi kependudukan (adminduk) mengalami lonjakan. Lebih lagi, selama dua tahun terakhir mereka tidak bisa pulang kampung karena pandemi Covid-19.

”Banyak yang mau rekaman tapi tidak bisa. Nah, maka dari itu kami berpikir karena banyak yang akan meminta layanan kami, sehingga kami harus buka layanan ini saat libur lebaran,” ujarnya.

Terlebih lagi, kata Larsita, sudah dua tahun ini pemudik dilarang ke daerah asal pada momen Lebaran karena pandemi Covid-19. Dia memprediksi, arus mudik tahun 2022 ini pun bahkan lebih banyak dari tahun sebelum adanya pandemi.

”Kami ingin memanfaatkan momentum ini supaya warga yang tinggal di luar daerah bisa mendapatkan layanan administrasi kependudukan. Momen mereka pulang ini sangat jarang. Apalagi sudah dua tahun,” ungkapnya.

Dengan begitu, para perantau yang hendak memperbaharui dokumen kependudukan bisa tetap terlayani dengan baik. Beberapa layanan yang dibuka antara lain, perekaman e-KTP, cetak e-KTP, perbaharui KK, maupun KIA juga bisa terlayani.

“Semua jenis layanan adminduk kita buka. Ada 24 jenis, dan kita layani semuanya,” tandasnya.

Larsita mengatakan untuk pelayanan selama cuti Lebaran hanya dipusatkan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Jalan Veteran No 7 Kota Magelang. Sedangkan Mal Pelayanan Publik (MPP) tutup.

Operasionalnya, Disdukcapil buka pada Jumat (29/4), lalu ada tanggal 1 dan 2 Syawal layanan diliburkan. Kemudian baru dibuka lagi pada Rabu-Kamis (4-5/5) dengan operasional waktu pukul 08.00-13.00 WIB, dan Jumat (5/5) sampai dengan pukul 11.00 WIB. (wid)