Lebaran Tahun ini, Pemkot Magelang Tidak Menganggarkan Mudik Gratis

SEPI. Kondisi Terminal Tidar Kota Magelang masih sepi penumpang pada pertengahan Ramadan tahun 2022, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)
SEPI. Kondisi Terminal Tidar Kota Magelang masih sepi penumpang pada pertengahan Ramadan tahun 2022, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM Mudik Lebaran 1443 H tahun 2022 resmi diperbolehkan pemerintah. Tradisi tahunan itu identik dengan layanan mudik gratis yang biasa dilakukan pemerintah daerah, untuk membantu warga yang tinggal di luar daerah selama momen Lebaran. Sayangnya di Kota Magelang, tahun ini kembali tidak menggelar mudik gratis yang sebenarnya sudah sangat dinantikan.

“Tahun ini tidak ada anggaran mudik gratis, karena memang saat dibahas tahun lalu, kondisinya masih pandemi,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang Candra Wijatmiko Adi, Selasa (19/4).

Dia menjelaskan bahwa ada 10 daerah di Jawa Tengah yang tidak menganggarkan mudik gratis. Termasuk salah satunya Kota Magelang.

”Tapi kita tetap dapat bantuan, nantinya akan ada 15 bus mudik gratis menuju Magelang,” ucapnya.

Dia menjelaskan, prediksi pemudik nasional pada tahun ini ada 85 juta. Dari 85 juta pemudik tersebut, diperkirakan sebesar 27,5 persen atau 23,5 juta orang menuju Jawa Tengah. Berdasarkan angka tersebut diperkirakan 0,51 persen atau sekitar 119 ribu orang yang akan ke Kota Magelang.

”Sekitar 119 ribu orang yang akan masuk ke Magelang dan itu termasuk besar hampir setengahnya penduduk Kota Magelang sendiri,” tuturnya.

Para pemudik yang menuju ke Magelang ini, katanya, diperkirakan akan menggunakan semua moda transportasi, seperti angkutan umum, bus, maupun kendaraan pribadi.

”Yang naik bus, juga ada bus bantuan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan ada 15 bus gratis ke Magelang,” ujarnya. (wid)