Langgar PPKM Level 4, Nikita Futsal Disegel

DITUTUP. Langgar Instruksi Walikota Magelang tentang PPKM Level 4, Nikita Futsal di Jalan Pahlawan, disegel sementara. (foto : IST/magelang ekspres)
DITUTUP. Langgar Instruksi Walikota Magelang tentang PPKM Level 4, Nikita Futsal di Jalan Pahlawan, disegel sementara. (foto : IST/magelang ekspres)

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Untuk pertama kali semenjak PPKM level 4 diberlakukan, Pemkot Magelang melakukan tindakan represif kepada pengusaha yang tidak mengindahkan Instruksi Walikota No 2 Tahun 2021, tentang PPKM Level 4. Tempat usaha Nikita Futsal di Jalan Pahlawan Magelang Utara, disegel tim gabungan dari Satpol PP, Polres Magelang Kota, TNI Kodim 0705/Magelang, dan stakeholders lainnya, kemarin.

Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana mengatakan, penutupan ini dilakukan setelah diketahui melanggar aturan PPKM Mikro, Darurat, dan PPKM Level 4. Tempat usaha ini membuka persewaan lapangan futsal di saat aturan itu melarangnya.

”Langkah ini merujuk pada Instruksi Walikota terkait pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Magelang. Termasuk Surat Edaran Disporapar terkait pelaksanaan PPKM Level 4 untuk bidang pariwisata bahwa disebutkan kalau tempat olahraga dan sejenisnya tutup sementara sampai 2 Agustus,” kata Singgih.

Dia menegaskan, Nikita Futsal sejak lama tetap membuka fasilitas olahraga itu kepada pengunjung. Hal ini membuat dampak kerumunan tidak bisa dicegah.

”Padahal, sebelumnya pihak pengelola sudah mengetahui bahwa untuk aktivitas seperti itu ditutup sementara. Harapan kami, penutupan ini juga dalam rangka pembinaan kepada pengelola untuk bisa menaati dan menjaga bersama atas dasar aturan yang ada,” katanya.

Kepala TU Satpol PP Kota Magelang, Yhan Noercahyo Wibowo menambahkan, dari pengakuan pengelola, usaha ini dibuka sejak 21 Juli 2021. Namun, dari tanggal 21 Juli sampai 28 Juli belum pernah ada konsumen yang bermain futsal di tempat tersebut.

”Nah, baru Kamis (29/7) malam ada yang sewa. Dari situ malah menimbulkan keributan antarpemain futsal. Kami beri tindakan langsung ditutup malam itu juga,” jelasnya.

Dia menyebutkan, untuk tempat usaha lapangan futsal lain sempat ada yang beroperasi juga di masa PPKM Darurat dan Level 4 ini, karena ketidaktahuan pengelola. Kini, para pengelola sudah mendapatkan sosialisasi dari pihak Satpol agar tutup sementara sampai 2 Agustus.

Artikel Menarik Lainnya :  Humanity Food Truck ACT Bagikan 1.000 Porsi Makan Gratis di Magelang

”Di Kota Magelang ada 3 tempat futsal dan semuanya sudah kita lakukan sosialisasi agar tutup sementara sampai 2 Agustus. Dasarnya tentu Instruksi Wali Kota Magelang dan SE Disporapar itu,” ungkapnya. (wid)