Lahan Pertanian Warga di Lereng Merbabu Tertimpa Material Pondasi Jalan yang Longsor Karena Dihajar Hujan Dua Hari

Akibat hujan turun dua hari pondasi jalan longsor menimpa lahan pertanian warga di Dusun Dadapan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Magelang.
LONGSOR. Akibat hujan turun dua hari pondasi jalan longsor menimpa lahan pertanian warga di Dusun Dadapan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Magelang.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Hujan turun dua hari mengakibatkan pondasi jalan di kawasan lereng Gunung Merbabu Magelang longsor. Longsoran pondasi jalan tersebut menimpa lahan pertanian warga di Dusun Dadapan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Magelang, Kamis (11/11/2021).

Kepala Dusun Dadapan, Budi Prasetyo, mengatakan, longsor diakibatkan oleh hujan yang turun sejak Rabu (10/11/2021) siang, dan masih berlanjut  hingga Kamis (11/11/2021).

“Jalan kampung yang longsor, dikarenakan pondasinya ambrol karena hujan sejak Rabu siang, sampai sekarang belum reda. Longsor terjadi sekitar pukul 08.30 WIB pagi tadi, di mana pondasi jalan yang longsor sepajang kurang lebih 20 meter dan tinggi 9,5 meter,” ucap Budi, Kamis (11/11/2021).

Jalan masuk ke Dusun Dadapan tersebut diketahui belum lama dibangun menggunakan dana desa, di mana sebelumnya juga pernah terjadi longsor.

“Dulu pernah longsor dua kali, terus kita bangun pondasi atau talud penyangga tersebut. Tapi sekarang longsor lagi,” terang Budi.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun material longsoran menutupi ladang milik warga yang berada di bawahnya.

“Sebuah ladang tertutup material longsor, yang lebih penting tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” jelas Budi.

Budi mengungkapkan akan mengusulkan kembali pembangunan ke desa agar dilakukan perbaikan ulang.

“Secepatnya akan kerja bakti warga swadaya. Dan tadi petugas Polsek Sawangan juga sudah meninjau lokasi serta memasang garis polisi agar memberi batas rawan longsor,” pungkasnya.(cha).

Artikel Menarik Lainnya :  Dana Rp30 Juta Per RT Diprioritaskan untuk Pemberdayaan, Bukan Kegiatan Fisik