Ladon Little Island Destinasi Wisata Baru Layaknya Pantai

PANTAI. Ladon Little Island destinasi wisata baru di Dusun Sangen Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, menyuguhkan
PANTAI. Ladon Little Island destinasi wisata baru di Dusun Sangen Desa Candirejo Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, menyuguhkan "Pantai" di tepi Sungai Progo.

MAGELANGEKSPRES.COM,BOROBUDUR – Layaknya sebuah pantai, Ladon Little Island, sebuah tempat berpasir halus, tersembunyi di aliran Sungai Progo dan bukit-bukit hijau. Spot eksotik tersebut menjadi wisata baru yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Kabupaten Magelang.

Destinasi baru yang ada di Dusun Sangen Desa Candirejo Kecamatan Borobudur tersebut awalnya adalah berupa tumpukan “Ladhu” atau material Gunung Merapi yang terendap diantara pertemuan dua Sungai Besar yaitu Sungai Belan dan Sungai Progo.

”Baru tiga Minggu ini kita maksimalkan tempat itu. Kalau dari Pemerintah Desa kami inginnya masyarakat kita berdayakan dulu. Walaupun disisi lain Desa sudah menyiapkan satu program besar termasuk dalam KSPN Borobudur,” ucap Kepala Desa Candirejo, Singgih Mulyanto, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Singgih, rencananya lokasi tersebut akan dibuat Joging Track, Wisata Air dan memanfaatkan pemandangan yang bagus yang ada di Ladon Little Island. Menurut Singgih sementara untuk destinasi baru tersebut dikelola oleh warga setempat. Bahkan destinasi yang mirip seperti pantai tersembunyi dibalik bukit tersebut dilengkapi dengan adanya pasir putih.

Baca Juga
Go Green, LazisNu Pakai Gedebog dan Besek Pembungkus Daging Kurban

“Seperti pantai tersembunyi, apalagi ada pasir putihnya juga. Bersih itu mas pasirnya. Untuk atraksi yang dikelola sementara ada naik kuda, pasar klatakan yang menjual produk masyarakat sekitar dengan koin sebagai alat pembayaran,” papar Singgih.

Singgih menyebutkan untuk protokol kesehatan selama Pandemi ini juga tetap dijalankan di lokasi destinasi tersebut. Seperti cek suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antara satu pengunjung dengan yang lain.

”Dari pihak kami mewajibkan itu. Protokol kesehatan harus dilakukan. Karena jangan sampai kegiatan baru itu nantinya menimbulkan masalah kesehatan. Namun Alhamdulillah warga dapat memanfaatkan tempat itu untuk mencari rejeki setelah selama Pandemi ini banyak yang nganggur,” jelas Singgih.

Artikel Menarik Lainnya :  Ini Kronologi Dua Pedagang Sayur di Magelang yang Tewas Diracun Sianida Dukun Pengganda Uang

Singgih mengatakan, dari Koperasi Desa Wisata Candirejo sudah membawa tamu dari pemerhati wisata Kabupaten Pemalang untuk mengunjungi destinasi yang menawarkan keindahan alam Sungai Progo ini.

”Sebenarnya selain Ladon ini, kami juga tengah membidik Sendang Bunder di Dusun Brangkal kemungkinan ini akan kami jadikan Religion Ecotourism. Ada juga Watu Kendil ini yang benar-benar kami bidik karena potensinya yang bagus,” ungkap Singgih.

Singgih mempunyai harapan jika tempat-tempat berpotensi yang ada di Desa Candirejo dapat dikembangkan sesuai dengan rencana induk yang sudah ada. Arah dari konsep wisata yang ingin dijalankan adalah wisata edukasi seperti yang selama ini sudah dilakukan.(cha).