Kronologi Cinta Segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati, Diduga Cinlok Satu Kantor

Awal cinta segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati yang berujung pembunuhan. Foto: Rachmawati/Ist
Awal cinta segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati yang berujung pembunuhan. Foto: Rachmawati/Ist

MAKASSAR, MAGELANGEKSPRES.COM – Awal cinta segitiga Muhammad Iqbal Asnan dan Rachmawati akhirnya terkuak. Mereka rupanya sudah menjalin kasih sejak tahun 2019.

Keterangan terkait awal cinta segitiga mereka dikarenakan keduanya sering bertemu.

Kisah ini, diungkapkan oleh kakak korban pembunuhan berencana, Juni Sewang. Menurut dia, awal hubungan cinta segitiga Kepala Satpol PP Makassar, Muhammad Iqbal Asnan dan Rachmawati, terjadi saat mereka berdinas di Dinas Perhubungan (Dishub).

Waktu itu, Muhammad Iqbal Asnan adalah pelaksana tugas (plt) di Dishub Makassar, sementara Rachmawati adalah salah satu pejabat di kantor tersebut.

Menurut Juni, ketika itu Najamuddin Sewang yang tidak lain adalah adiknya, masuk sebagai honorer di Dishub.

Sementara Muhammad Iqbal kemudian pindah sebagai kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar.

Secara pribadi, Juni Sewang mengaku mengenal Iqbal Asnan dengan baik. Mereka pernah menempuh pendidikan bersama. “Kami satu almamater,” kata Juni Sewang, seperti dikutip radarcirebon.com dari Fajar, Minggu (24/4/2022).

Awal Cinta Segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati hingga Menikah Siri

 

Bahkan, waktu itu Juni yang sudah kenal dekat dengan Muhammad Iqbal sempat menerima telepon. Isinya adalah meminta agar memperingatkan Najamudin.

“Pak Iqbal telepon langsung ke saya, ‘Jun, ini adikmu cari gara-gara sama saya. Kalau bukan ini adikmu, saya sudah habisi’. Itu kata Pak Iqbal,” ujar Juni Sewang.

Mulanya, Juni tidak tahu ada apa antara adiknya dengan Muhammad Iqbal. Dia pun kemudian menelusuri lebih lanjut dan diduga, itulah awal dari cinta segitiga dengan Rachmawati.

“Kenapa ada bahasa seperti itu yang keluar (dari Iqbal Asnan), Pak Kadis (Kadis Perhubungan) saat itu,” kata Juni Sewang, belum lama ini.

Akhirnya, dia mengetahui bahwa ada sosok perempuan bernama Rachmawati yang membuat Iqbal begitu cemburu dan menganggap Najamudin Sewang bermain api dengannya.

Kasatpol PP Makassar yang kini dinonaktifkan, Muh Iqbal Asnan (MIA), kini terpaksa harus meringkuk di dalam tahanan.

Saat dicecar penyidik, fakta baru juga terungkap. Ternyata, Iqbal sudah menikah siri dengan Rachmawati.

Dendam dan Cemburu

Karenanya, Iqbal tidak menampik, memiliki masalah pribadi dengan korban. Iqbal pernah satu dinas dengan Najamuddin Sewang, korban tewas akibat penembakan yang direncanakannya.

Karena dendam dan cemburu itu, makanya dia merencanakan aksi penembakan yang membuat korban meninggal dunia di tempat.

Iqbal mengatakan dirinya menyimpan dendam terhadap korban yang berani menjalin hubungan asmara dengan istri sirinya, Rachmawati.

Kasus penembakan Najamuddin Sewang terjadi di Jalan Danau Tanjung Bunga, pada Minggu pagi, 3 April 2022 lalu.

Polisi telah memeriksa 20 saksi, menganalisis rekaman CCTV di lokasi, dan memeriksa selongsong peluru yang ditemukan di tubuh korban.

Hingga kini, istri sah Iqbal yang juga Lurah Paccerakkang, Makassar, Ekayani Prativi, membantah bahwa suaminya adalah pelaku pembunuhan.

Dia beberapa kali turut hadir di Mapolres Makassar, termasuk pada Sabtu malam (16/4/2022).

Namun, dia tidak mau berbicara banyak. “Sebentar yah, saya capek. Saya mau pingsan. Mau pergi makan dulu,” elak Ekayani didampingi dua perempuan sembari masuk ke dalam mobil sedan berwarna silver.

Akibat pembunuhan tersebut, awal kisah cinta segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati terungkap ke publik. Termasuk hubungan keduanya yang ternyata berstatus suami dan istri siri.

Demikianlah awal cinta segitiga Muhammad Iqbal dan Rachmawati yang kini berujung pada dugaan kasus pembunuhan berencana. (yud/fajar)