KPU Kabupaten Magelang Dokumentasikan Hasil Pemilu 2019 Dalam Buku

Dokumentasikan Hasil Pemilu 2019 Dalam Buku
RAKER. Rapat kerja Pengelolaan dan Perumusan Buku Dokumentasi Pencalonan Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Magelang Tahun 2019.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – KPU Kabupaten Magelang mendokumentasikan hasil-hasil Pemilu 2019 dalam bentuk buku. Hal tersebut merupakan terobosan agar dapat dibaca dan menjadi literasi bagi publik.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffudin SAg mengatakan, dokumen tersebut tidak semata-mata menjadi laporan hasil kegiatan penyelenggaraan pemilu.

“Tetapi juga di dalamnya memuat analisa tentang proses, kendala dan solusi yang terjadi pada setiap tahapan,” ucap Afiffudin saat rapat kerja Pengelolaan dan Perumusan Buku Dokumentasi Pencalonan Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Magelang Tahun 2019 di Hotel Atria Magelang, Rabu (27/11).

Baca Juga
Pemkab Magelang Dapat Penghargaan Opini WTP dari Kanwil DJPK Jawa Tengah

Menurut Afiffudin, Untuk sementara ini ada 3 buku yang sudah jadi drafnya, Buku Peningkatan Kapasitas Penyelenggara Pemilu, Buku Pencalonan, Buku Mengawal Proses Sengketa Pemilu.

“Buku Peningkatan Kapasitas Penyelenggara Pemilu, sudah final tinggal di lay out bukunya. Buku Mengawal Proses Sengketa Pemilu sudah jadi draftnya, dan saat ini sedang dikaji bersama,” terang Afiffudin.

Menurut Afiffudin, terdapat buku yang tertentu yang proses pembahasannya tidak melibatkan pihak partai politik karena dalam prosesnya pihak partai politik tidak terlibat.

“Jika di dalamnya ada partai politik yang terlibat, maka akan dilibatkan dalam penyusunan buku,” ungkap Afiffudin.

Baca Juga
PDAM Kota Magelang Matikan Saluran Air di Lima Kelurahan, Sabtu 30 November Mulai 09.00-14.00 WIB

Dalam rapat kerja itu yang dibahas dalam rapat kerja adalah buku tentang pencalonan. Hasil rapat kerja ini juga masih akan dikembangkan dan harus diperkuat.

“Jangan sampai berteori tanpa analisa dari sumber yang akurat. Jika ada siapa menyimpulkan apa, siapa yang membuat kesimpulan harus jelas, siapa yang membuat asumsi juga harus jelas, karena semua itu akan dibaca publik,” papar Afiffudin.

Sebagai narasumber di forum rapat kerja tersebut, diantaranya Komisioner KPU Kabupaten Magelang Tahun 2014-2019 Suviratno STp dan Ketua Jurusan Administrasi Negara Universitas Tidar Dr Sri Mulyani MSi.(cha).