Kota Pusaka Parakan Bakal Direvitalisasi

PECINAN. Salah satu komplek pecinan di Parakan yang hingga saat ini masih berjaga. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Parakan selama ini menjadi salah satu kota di Kabupaten Temanggung yang dikenal sebagai kota yang sarat dengan sejarah. Oleh karena itu pemerintah kabupaten berencana merevitalisasi kota tersebut.

“Ada rencana untuk merevitalisasi kota Parakan, kota ini penuh dengan peninggalan sejarah,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana, kemarin.

Menurut Hendra, revitalisasi dilakukan seiring dengan ditetapkannya Kota Parakan sebagai Kota Pusaka oleh Kementerian PUPR pada 2015. Revitalisasi perlu dilakukan untuk mendukung beberapa ikon Kota Pusaka.

“Dengan revitalisasi ini, kedepan kota Parakan bisa semakin bagus dan bisa menarik wisatawan,” katanya.

Kota Parakan akan dijadikan sebagai Kota Pusaka, karena di kota ini masih banyak peninggalan sejarah yang patut untuk dilestarikan. Mulai dari peninggalan bangunannya, hingga budayanya masih sangat kental.

Baca Juga
Babinsa Koramil Mojotengah Sosialisasi Prokes, Ajak Santri Tertib

Selain itu katanya, Parakan dijadikan Kota Pusaka karena banyak nilai kebudayaan di kawasan tersebut, dari prakemerdekaan hingga pascakemerdekaan.

Rencana revitalisasi ini akan dipusatkan di beberapa titik di antaranya, penataan lampu jalan, drainase, pembangunan City Walk, dan gapura identitas Kota Pusaka.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk revitalisasi sekitar Rp5 miliar hingga Rp10 miliar,” jelasnya.

Hendra berharap revitalisasi Kota Pusaka Parakan bisa dimulai pada 2022. Revitalisasi akan dilakukan secara bertahap, paling tidak selama tiga tahun

Ia menuturkan saat ini masih dalam pengkajian dan penyusunan proposal sebagaimana tindak lanjut seminar nasional Kota Pusaka beberapa waktu lalu.

“Memang masih dalam proses, harapan kami bisa disetujui dan bisa terealisasikan,” Harapnya. (set)

Artikel Menarik Lainnya :  2 Pekan, PTM di Temanggung Berjalan Lancar