Kota Lama Banyumas akan Segera Menjadi Kota Pusaka

Blueprint atau cetak biru Kota Lama Banyumas selesai. Dokumen berisi grand design Kota Lama Banyumas yang sudah diparipurnakan. (Foto radar banyumas)
DIPARIPURNAKAN. Blueprint atau cetak biru Kota Lama Banyumas selesai. Dokumen berisi grand design Kota Lama Banyumas yang sudah diparipurnakan. (Foto radar banyumas)

BANYUMAS, MAGELANGEKSPRES.COM – Blueprint atau cetak biru Kota Lama Banyumas selesai. Dokumen berisi grand design Kota Lama Banyumas yang sudah diparipurnakan.

Konsultan Tata Ruang, Sidem Tetuko menjelaskan, blueprint berisi pola pikir, harapan dan keinginan masyarakat Banyumas untuk terwujudnya Kota Pusaka. Sebab, sepanjang prosesnya menyerap aspirasi dan melibatkan masyarakat.

“Dengan selesainya blueprint Kota Lama Banyumas, dokumen menjadi pegangan atau landasan untuk pembuatan kebijakan,” kata Tetuko, Minggu (31/10).

Blueprint Kota Lama Banyumas berisi ringkasan semua kegiatan yang sudah didiskusikan dengan pihak terkait. Baik di tingkat kecamatan maupun semua desa di Kecamatan Banyumas. Sehingga sudah mencakup keseluruhan aspek.

Tetuko menuturkan, blueprint sudah disampaikan ke Camat Banyumas Abdul Kudus untuk diserahkan ke Bupati Banyumas. Kemudian satu salinan dokumen diberikan kepada Lembaga Penggerak Pariwisata Kota Lama Banyumas (Lempeng Parimas) yang diketuai Hari Mulyono.

Lempeng Parimas memiliki salinan blueprint supaya bisa mengawal pembangunan Kota Lama Banyumas. Serta menjadi bahan untuk mensosialisasikan ke masyarakat. “Ketika sudah ada blueprint, meski kelak berganti pemimpin atau pemangku kebijakan di Banyumas maka sudah ada yang dijadikan pegangan. Tidak bingung lagi,” imbuh Tetuko.

Dengan selesainya blueprint, tutur Tetuko, pekerjaan Tim Kajian Cagar Budaya Kabupaten Banyumas yang digawanginya sejak beberapa bulan selesai. (fij)

Artikel Menarik Lainnya :  KSAD Pimpin Pemakaman Serka Anumerta Ari Baskoro