Koramil Sukoharjo Sediakan Wifi Gratis untuk Pelajar

GRATIS. Koramil 14 Sukoharjo menyediakan wifi gratis khusus untuk para pelajar.
GRATIS. Koramil 14 Sukoharjo menyediakan wifi gratis khusus untuk para pelajar.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Koramil 14 Sukoharjo menyediakan wifi gratis khusus untuk para pelajar. Ide pemasangannya dilakukan Batuud Sukoharjo yang melihat banyak pelajar menghadapi kendala belajar secara online.

Inisator wifi gratis untuk pelajar, Pelda Mulyono  mengemukakan, melihat keadaan sekitar Koramil banyak anak yang kebingungan tidak bisa mengikuti pelajaran dikarenakan saat ini kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem daring. Sementara itu untuk wilayah Sukoharjo ada beberapa kendala yang dihadapi para siswa seperti belum mempunyai HP android sendiri, keterbatasan orang tua membelikan paket data, kadang sinyal tidak setabil dan sebagainya.

“Melihat situasi itu maka timbul inisiatif untuk membantu para pelajar yang ingin belajar secara online akan tetapi keterbatasan sarana dan prasarana,” katanya.

Menurutnya, program tersebut merupakan solusi atas keluhan orang tua murid dan para pelajar, karena bantuan internet gratis dari pemerintah tak kunjung ada. Padahal tidak semua orang tua dan pelajar mampu membeli paket data untuk sekolah daring.

“Ya saya melihat banyak keluhan dari masyarakat tentang paket internet maupun wifi, mereka itu menjadi beban khususnya bagi warga kurang mampu, beban sehari-hari,” katanya.

Baca Juga
Tambah 4 Lagi, Kasus Positif Corona di Kota Magelang Jadi 57

Adapun pemakaian wifi gratis ini dibatasi waktunya mulai jam 13.00 – 17.00 ini disebabkan kalau pagi digunakan untuk kegiatan administrasi Koramil.

“Kami menyadari belum bisa memulai dari pagi.  Semoga dengan adanya wifi gratis bisa membantu para pelajar,” harapnya.

Sementara itu, Danramil 14 Sukoharjo Kapten Arm Listiyono menyampaikan sangat mendukung gagasan dari anggotanya.  Itu merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Rakyat membutuhkan bantuan TNI siap membantu salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas wifi gratis.

Artikel Menarik Lainnya :  Memprihatinkan, Pasar Induk Wonosobo Sisi Timur hanya Terisi 40 % Pedagang

“Dengan adanya wifi gratis ini sebagai sarana pembinaan komunikasi sosial Koramil Sukoharjo, anak – anak datang ke Koramil untuk belajar. Disaat itulah Koramil sambil memberikan arahan dan bimbingan agar kelak menjadi generasi yang bisa diandalkan oleh bangsa dan negara,” katanya.

Melihat anak didiknya menggunakan wifi gratis dari Koramil, guru bahasa Indonesia dari SMPN 1 Sukoharjo, Anggi berterima kasih atas fasilitas yang telah diberikan kepada anak didiknya serta masyarakat sekitar.

“Harapan dari para guru adalah ide atau gagasan wifi gratis ini bisa ditiru oleh instansi yang lain mulai dari kantor desa/kelurahan, kecamatan atau masyarakat yang memiliki wifi pribadi,” ucapnya.

Menurutnya, dengan adanya wifi gratis di Koramil ini banyak manfaat yang sudah dirasakan secara langsung.  Di sini anak – anak tidak mungkin menggunakan akses internet untuk hal – hal yang tidak perlu.  Mereka pasti menggunakan untuk mengerjakan tugas karena diawasi oleh anggota Koramil. (gus)