Kontak dengan Tetangga dan Pemudik, Dua Warga Secang Positif Corona

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang hingga Jumat (15/5) bertambah dua orang menjadi 34 dari 32 sebelumnya. Penambahan tersebut dari Kecamatan Secang. Satu di antaranya memiliki riwayat kontak dengan tetangga yang dinyatakan positif. Satunya kontak dengan pemudik.

“Salah satu tambahan terkonfirmasi positif itu, punya riwayat kontak dengan tetangganya yang positif. Dirinya mengeluh mual, muntah-muntah, batuk dan dirawat di RSJ sejak 8 Mei kemarin. Hasil swab hari ini keluar dan positif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sedang satunya, lanjutnya, punya riwayat kontak dengan pemudik dan mengeluh sakit. Ia kemudian dirawat di RSJ sejak 30 April hingga 5 Mei.

“Namun hasil swab yang keluar hari ini, dinyatakan positif dan melakukan isolasi mandiri di rumah, dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan dan satgas kecamatan serta desa,” ucapnya.

Untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kata Nanda, ada pengurangan satu orang karena sembuh. Sehingga dari 26 orang kemarin, kini menjadi 25 orang.

“Satu PDP yang sembuh ini, berasal dari Kecamatan Secang. Sedang untuk PDP yang membaik, kini menjadi 111 orang. Sejatinya ada 112 orang, namun satu orang PDP setelah dinyatakan membaik dan pulang, hasil swabnya justru keluar positif. Sehingga statusnya berubah menjadi terkonfirmasi positif dan harus menjalani isolasi mandiri,” jelas Nanda.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), naik menjadi 91 orang. Sebelumnya ada 79 orang dan dua dinyatakan lolos pantau namun ada tambahan 14 orang.

“Untuk yang meninggal masih tetap 21 orang, terdiri dari 19 PDP dan dua orang dari terkonfirmasi positif. Pasien sembuh yang positif juga masih sama seperti kemarin, sebanyak 10 orang,” ungkap Nanda.

Dalam kesempatan itu, pihaknya kembali menyampaikan himbauan dari Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama dilingkungan masing-masing.

“Termasuk memakai masker saat keluar rumah, dan tidak mudik dulu,” pungkasnya.(cha)