KONI Dukung Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling

DUKUNG. Ketua KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar siap mendukung gelaran Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling yang dapat membangkitkan sport tourism di Kota Magelang. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)
DUKUNG. Ketua KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar siap mendukung gelaran Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling yang dapat membangkitkan sport tourism di Kota Magelang. (foto : wiwid arif/magelang ekspres)

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Magelang menyambut positif rencana digelarnya Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling, pada 14 Agustus 2021 mendatang. Induk cabang olahraga se-Kota Magelang tersebut akan memberi perhatian dan dukungan penuh rencana itu.

”Kami akan memberikan perhatian dan dukungan penuh Magelang Duathlon 2021 Independence Fun Running & Cycling,” kata Ketua KONI Kota Magelang, Ali Sobri Sungkar, Sabtu (26/6)

Menurut Ali, kegiatan Magelang Duathlon 2021 sebagai bentuk komitmen dan upaya Pemkot Magelang membangkitkan pariwisata olahraga (sport tourism) yang belakangan ini makin diminati masyarakat. Sekaligus kegiatan ini memeriahkan peringatan Kemerdekaan Ke 76 RI.

”Dengan dukungan dari banyak pihak, saya harap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi Pemkot Magelang dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Ali menerangkan, Magelang Duathlon 2021 merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati HUT Ke 76 RI yang didukung Pemkot Magelang. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu 14 Agustus 2021, dengan start dan finish di Gelora Sanden Sport Center Magelang.

Berbeda dengan perlombaan duathlon internasional, yaitu berlari, bersepeda, dan kemudian berlari lagi, Magelang Duathlon hanya dilaksanakan dengan bersepeda dan berlari. Peserta akan menempuh dengan bersepeda sejauh 40 kilometer dan kemudian berlari sejauh 5 kilometer.

”Ini merupakan kegiatan fun, bukan kompetisi untuk mendapatkan posisi juara. Harapan kita ke depan kegiatan ini nantinya bisa digelar dalam taraf internasional,” harapnya.

Rutenya start di Sanden Sport Center Kota Magelang, menuju Artos Mall, pertigaan Blondo terus ke arah Borobudur, dan menyusuri area wisata Borobudur. Setelah melintasi kawasan Candi Borobudur, peserta juga diarahkan menuju Svargabumi dan Plataran. Selanjutnya melewati jembatan Sigug, Kalinegoro, Tanjung, Pakelan dan finish di Taman Kyai Langgeng, sebagai garis finish sepeda.

Artikel Menarik Lainnya :  Terima Surat Pengosongan Kantor, Walikota Magelang Minta ASN Tetap Tenang

Kemudian dari Taman Kyai Langgeng, peserta harus lari sejauh sekitar 5 kilometer menuju garis finish di Gelora Sanden. Perkiraan durasi perjalanan selama 4 jam.

”Masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Sampai sekarang yang sudah mendaftar 125 orang dari kuota 350 peserta. Bahkan sejumlah tokoh publik seperti Ibu Tanti Zaenal Arifin (istri Bupati Magelang), Ibu Veronica (istri Walikota Kediri), telah terkonfirmasi hadir, dan Ibu Atikoh Ganjar Pranowo, (istri Gubernur Jawa Tengah) juga kami undang untuk mengikuti kegiatan ini,” terangnya.

Untuk meminimalkan risiko penularan virus Covid-19, penyelenggara akan melakukan test swab antigen untuk seluruh peserta dan keluarga peserta yang hadir. Hanya peserta dan keluarga peserta yang dinyatakan negatif Covid-19 yang boleh mengikuti acara tersebut.

”Seluruh rangkaian kegiatan akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain sebagai sarana olahraga untuk meningkatkan imunitas tubuh, penyelenggara juga bekerja sama dengan beberapa hotel di Magelang untuk menjadi oficial hotel,” paparnya.

Dia berharap, acara tersebut mampu memberi dampak meningkatnya okupansi hotel yang juga turut menyumbang peningkatan ekonomi. Bahkan beberapa UMKM juga akan dihadirkan di venue acara, yang dapat memberikan penghasilan bagi UMKM di Magelang. (wid)