Kesadaran Masyarakat Meningkat, Vaksinasi Dipercepat

VAKSINASI. Seorang siswa SMP mengikuti vaksinasi di kampus STIE Rajawali Purworejo, kemarin. (Foto: eko)
VAKSINASI. Seorang siswa SMP mengikuti vaksinasi di kampus STIE Rajawali Purworejo, kemarin. (Foto: eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Kesadaran masyarakat di Kabupaten Purworejo untuk melindungi diri dari Covid-19 melalui vaksinasi terus meningkat. Kondisi itu disikapi oleh sejumlah pihak untuk melakukan percepatan vaksinasi dengan menggandeng lembaga atau komunitas.

Antusiasme masyarakat antara lain terlihat dalam vaksinasi massal di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Rajawali Purworejo pada Sabtu (14/8). Saat pendaftaran, kuota 400 dosis vaksin terpenuhi hanya dalam beberapa jam.

Ketua STIE Rajawali, Anna Probowati, menyebut vaksinasi massal tersebut digelar oleh STIE Rajawali bersama Polres Purworejo guna mendukung percepatan vaksinasi nasional. Dalam vaksinasi kali ini, antusiasme masyarakat dinilai sangat tinggi.

“Awalnya hanya mendapat 300 dosis vaksin, lalu ditambah lagi 50 dosis dan akhirnya ditambah 50 dosis lagi,” sebutnya.

Penambahan dosis tersebut dilakukan karena banyaknya pendaftar vaksinasi. Link pendaftaran disebarkan melalui media sosial pada Selasa (10/8) siang dan pada pukul 19.00 WIB pendaftar sudah 400 orang lebih.

“Pendaftar membludak hingga kami sampai menolak dengan menutup link pendaftaran tersebut,” katanya.

Peserta vaksinasi, lanjutnya, rata-rata adalah para mahasiswa dan alumni STIE Rajawali. Vaksinasi juga banyak diikuti oleh masyarakat umum di wilayah Kabupaten Purworejo.

“Vaksinasi juga diikuti keluarga dari dosen dan karyawan STIE Rajawali. Sedangkan semua dosen dan karyawan sudah melakukan vaksinasi sebelumnya,” lanjutnya.

Penyedia vaksin dan tenaga vaksinator, ungkap Anna, adalah dari pihak Polres Purworejo melalui program Vaksinasi Merdeka Candi. Sementara STIE Rajawali sebagai penyedia tempat vaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi beberapa kloter agar tidak terjadi kerumunan dan penumpukan peserta vaksinasi.

“Setiap kloter ada 70 orang peserta vaksinasi,” ungkapnya.

Dengan tingginya kesadaran masyarakat tersebut, pihaknya berharap vaksinasi terus dilakukan agar dapat menekan penyebaran Covid-19.

Artikel Menarik Lainnya :  Gugatan Warga Bendungan Bener Dikabulkan Sebagian

“Kami selalu siap menyediakan tempat jika akan ada lagi kegiatan vaksinasi disini, karena tempat kami juga luas dan dapat meminimalisir kerumunan,” jelasnya.

Lovea Vinseisia (14), siswa SMPN 2 Purworejo menjadi salah satu peserta vaksinasi. Ia mengaku mendapat informasi vaksinasi dari salah satu teman yang orang tuanya bekerja di STIE Rajawali.

Meskipun masih muda, remaja asal Kelurahan Mranti Kecamatan Purworejo itu mengaku tidak takut divaksin.

“Saat ada informasi saya langsung memutuskan untuk ikut vaksin,” ucapnya. (top)