Keren! Setiap Jumat ASN di Temanggung ‘Ngontel’ ke Kantor

Sejumlah ASN di Temanggung bersepeda saat pencanangan gerakan bersepeda dalam bekerja bagi ASN di lingkungan Pemkab Temanggung. Jumat (29/10). (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)
BERSEPEDA. Sejumlah ASN di Temanggung bersepeda saat pencanangan gerakan bersepeda dalam bekerja bagi ASN di lingkungan Pemkab Temanggung. Jumat (29/10). (foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sepeda menjadi salah satu alternatif trasportasi dalam bekerja, selain bisa menghemat pengeluaran dengan bersepeda juga bisa meningkatkan imun tubuh.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo saat pencanangan gerakan bersepeda dalam bekerja bagi ASN di lingkungan Pemkab Temanggung. Jumat (29/10).

“Salah satu hidup sehat itu adalah dengan berolahraga, agar daya imun tubuh kita semakin meningkat, semakin baik, sehingga pandemi di Kabupaten Temanggung ini benar-benar bisa kita tangkal, kita cegah. Nah, dengan olahraga bersepeda yang kita canangkan hari ini, setiap hari Jumat ASN yang jarak rumah sampai kantor tidak lebih dari 5 kilometer diharapkan untuk memakai sepeda ontel,”kata Wabup kemarin.

Ia mengatakan, saat ini kondisi pandemi sudah agak mereda, meski masih masuk level 3 karena capaian vaksinasi yang masih kurang, namun saat ini dari informasi terakhir Satgas Covid sudah mencapai 50 persen lebih.

Namun demikian pesan Wabup, masyarakat tidak boleh lengah tetap harus menerapkan 5M dan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Tidak hanya ASN, semua masyarakat wajib menjaga kesehatan,”pesanya.

Dikatakan, ke depan jika gerakan di hari Jumat ngontel ini sudah mapan maka diharapkan setiap harinya ASN berangkat dan pulang kantor dengan memakai sepeda. Ada banyak manfaat dengan bersepeda.

Menurutnya, selain untuk kesehatan, juga di sisi lain bisa menghemat bahan bakar minyak (BBM) dari kendaraan yang mereka pakai setiap hari. Selain itu, juga untuk mengurangi polusi udara di bumi yang semakin hari semakin tinggi, sehingga dengan kesadaran ini bisa memantik warga lainnya di berbagai daerah, bahkan di negara lain di seluruh dunia.

“Ini akan dijadikan rutinitas setiap Jumat dan harapan ke depan tidak hanya Jumat saja, tapi setiap hari, untuk semua OPD termasuk kecamatan dan kelurahan pegawainya dari rumah ke kantor naik sepeda ontel. Dengan bersepeda ada banyak manfaatnya selain untuk kesehatan, bisa menghemat BBM karena merupakan energi tak tergantikan, ke dua untuk mengurangi polusi udara,”katanya.(Set)

Artikel Menarik Lainnya :  Karena Nilai Sejarahnya, Situs Liyangan Layak jadi Cagar Budaya Nasional