Keren! Masyarakat Purworejo Bisa Laporkan Jalan Rusak Via Online

LAUNCHING. Sekda Purworejo Said Romadhon saat memberikan sambutan dalam kegiatan launching aplikasi Jalan Aman. (Foto lukman)
LAUNCHING. Sekda Purworejo Said Romadhon saat memberikan sambutan dalam kegiatan launching aplikasi Jalan Aman. (Foto lukman)

MAGELANGEKSPRES.COM, PURWOREJO – Dalam upaya mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo yakni Purworejo yang berdaya saing 2025, Pemkab Purworejo berkomitmen meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur  yang dipadu-padankan dengan kemajuan tekhnologi informasi yang ada. Upaya tersebut diimplementasikan dengan telah diluncurkannya aplikasi Jalan Aman di Ruang Arahiwang Setda, kemarin.

Sekretaris Daerah Drs Said Romadhon Msi hadir sekaligus meluncurkan Aplikasi Jalan Aman yang disaksikan Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs Boedi Hardjono, Kepala Dinas PUPR Suranto Ssos MPA, para Camat dan pejabat terkait lainya.

Disampaikan oleh Said Romadhon, dirinya mengapresiasi adanya Aplikasi Jalan Aman sebagai upaya Pemkab Purworejo dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Melalui aplikasi ini masyarakat dimudahkan dengan dapat menyampaikan kritik, saran dan laporan terkait kerusakan jalan kabupaten atau jalan yang ada di Kabupaten Purworejo.

“Diharapkan dengan adanya aplikasi Jalan Aman tidak hanya menjadi simbol atau formalitas semata sehingga apabila terdapat informasi atau aduan dari masyarakat pengguna jalan terkait dengan kerusakan jalan benar benar segera dapat direspon dan diatasi,” harapnya.

Dijelaskan, salah satu parameter keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan dapat dilihat dari sarana prasarana ataupun infrastruktur wilayah yang memadai, infrastruktur pada umumnya merujuk pada pembangunan fisik fasilitas umum seperti jalan, jembatan, telekomunikasi, rumah sakit, sekolah dan sebagainya.
Mengenai kerusakan infrastuktur jalan aspal yang mudah rusak biasanya diakibatkan karena terendam air atau kendaraan yang melebihi tonase  batas beban maksimal yang ditentukan.

“Berbagai upaya dilakukan Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk senantiasa memperbaiki kwalitas jalan, diantaranya dengan mengganti jalan beraspal dengan beton. Sehingga akan lebih awet walaupun sedikit kurang nyaman saat dilewati,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Dua Pekan Diburu, Polisi Akhirnya Berhasil Amankan ODGJ

Kepala Dinas PUPR Suranto Ssos MPA menjelaskan, aplikasi ini adalah implementasi dari misi kelima yaitu meningkatkan daya saing sarana prasarana dan infrastruktur yang didukung kemajuan tekhnologi informasi dan komunikasi.

Dikatakan jika masih cukup banyak keluhan dan kritik dari warga masyarakat mengenai kerusakan jalan. Hal itu tentunya tidak boleh diabaikan namun harus segera direspon dengan sebaik baiknya. Untuk itu kami berupaya untuk menangani laporan masyarakat dengan cepat tepat dan manfaat.

“Aplikasi dapat didownload di play store. Dengan adanya aplikasi Jalan Aman ini, diharapkan jalan di wilayah Kabupaten Purworejo dapat benar-benar aman dan nyaman untuk dilintasi. Nyaman dalane aman wargame,” terang Suranto. (luk)