Keren!, Empat Anak Sholeh Wakili Purworejo di FASI Palembang

PAMIT. Peserta Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) tahun 2022 saat berpamitan dengan Pemkab Purworejo. (Foto lukman)
PAMIT. Peserta Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) tahun 2022 saat berpamitan dengan Pemkab Purworejo. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Empat putra daerah Kabupaten Purworejo dilepas untuk berangkat ke Palembang mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Ke-11 tahun 2022, Senin (21/3).

Empat anak yang tergabung dalam Kontingen Kafilah FASI ini akan maju ke tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Hadir dalam pelepasan kontingen FASI mewakili Bupati Purworejo Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasit Diono SSos. Selain itu hadir pula Kabag Kesra Drs Fatkurrohman MM, Kepala Basnaz Kabupaten Purworejo Hamid AK SPdi, serta para pengampu.

Bupati berpesan melalui Sambutan Bupati yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa atas nama Pemerintah Daerah, dirinyamenyampaikan selamat kepada anak-anak semua yang tergabung dalam kafilah FASI Kabupaten Purworejo. Menurutnya, anak anak ini merupakan putra-putri terbaik Purworejo, yang akan membawa nama baik Kabupaten Purworejo dalam ajang FASI Tingkat Nasional.

Oleh karena itu, berjuanglah sekuat tenaga untuk meraih prestasi terbaik. “Dalam kesempatan ini pula, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya kepada seluruh official dan pengampu lainnya ,yang dengan sungguh-sungguh telah mempersiapkan segalanya dengan baik,” katanya.

Dijelaskan, Kabupaten Purworejo merupakan daerah yang sebagian besar warganya adalah muslim yang taat, sehingga potensi yang berkaitan dengan keagamaan juga sangat besar.

Pondok-pondok pesantren tersebar dimana-mana, Taman Pendidikan Alqur’an ada di hampir setiap kampung, sehingga setiap anak dapat memperoleh pendidikan baca tulis Al Qur’an dengan mudah. “Oleh karena itu, saya harapkan kepada seluruh kafilah untuk selalu tampil percaya diri dan tidak pernah merasa minder dengan kafilah dari daerah lain,” harapnya.

Sementara itu Abdi Sandiko selaku ketua kontingen menjelaskan bahwa sejatinya festival ini dilaksanakan pada 2020 lalu, namun karena dalam masa pandemi sehingga mundur dua tahun dan akan digelar mulai  24 hingga 27 Maret 2022.

Dijelaskan, Terdapat dua cabang yang akan di ikuti yaitu kategori Cerdas Cermat Al-Qur’an golongan TK Q  dengan usia maksimal 7 tahun dan Ceramah bahasa indonesia golongan TQ A dengan usia maksimal 15 tahun. Abdi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Purworejo yang mensupport secara penuh dalam ajang FASI ini.

“Alhamdulillah untuk purworejo di kedua cabang itu sudah langganan juara ya, di tingkat Jawa Tengah tahun 2017 kita dapat juara 2 di kedua kategori itu. Jadi kita optimis untuk membawa pulang juara bagi Provinsi Jawa Tengah dan khususnya untuk Kabupaten Purworejo,” ungkapnya. (luk)