Kekeringan, Tiga Dusun di Borobudur Di-drop Air Bersih

AIR BERSIH. BPBD Kabupaten Magelang mulai mengedrop air bersih untuk minum warga Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur Magelang.
AIR BERSIH. BPBD Kabupaten Magelang mulai mengedrop air bersih untuk minum warga Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur Magelang.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mulai mengedrop air bersih di tiga dusun yang ada di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kamis (5/8/2021). Air tersebut dikhususkan sebagai kebutuhan minum warga.

Dua tangki air dengan kapasitas masing-masing 5000 liter didistribusikan di Dusun Sembungan, Wonotigo, dan Ngasinan. Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono, berdasarkan hasil survei lembaganya, ketiga dusun tersebut membutuhkan drop air lantaran mengalami kekeringan.

“Berdasarkan hasil survei BPBD (ketiga dusun) sudah membutuhkan air, sehingga kami harus tanggap terkait kebutuhan masyarakat, karena itu kan kebutuhan minum,” ucap Edi Wasono.

Selain Desa Kembanglimus, pengedropan air pada hari yang sama akan dilakukan di Dusun Wonolelo, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur. Ada dua titik pengedropan di dusun itu, yakni Gang Bakung dan Gang Mawar dengan jatah air masing-masing 5000 liter.

Sementara itu, warga Dusun Sembungan, Widyarti menuturkan seminggu sekali sejak bulan Juni 2021 mesti pergi ke rumah saudaranya di Kecamatan Srumbung untuk meminta air. Dirinya membawa jerigen tujuh buah dengan ukuran masing-masing sekira 20 liter.

“Ambil air bawa jerigen pakai mobil buat satu minggu. Serumah empat orang anggota keluarga,” terang Widyarti.

Widyarti menambahkan sebenarnya memiliki sumur dengan kedalaman sekira 17 meter, tetapi saat ini menyisakan sedikit air saja. Menurutnya, tidak sampai satu meter sisa ketinggian airnya. Sedangkan kegiatan mandi dan mencuci pakaian, dilakukan bendungan air didekat rumahnya. (cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Siap-siap! Akan Ada Kapal Raksasa di Grabag Magelang