Kejar PPKM Level 1, Pemkab Temanggung Genjot Vaksinasi

Petugas kesehatan sedang melakukan vaksinasi (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres.)
VAKSIN. Petugas kesehatan sedang melakukan vaksinasi (Foto:setyo wuwuh/temanggung ekspres.)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Percepatan vaksinasi terus dilakukan oleh Pemkab Temanggung. Pemerintah akan mengerahkan semua tenaga medis di 26 puskesmas di seluruh wilayah Temanggung.

“Dinas kesehatan mempercepat vaksinasi dosis kedua dengan target vaksinasi massal di 26 puskesmas sebanyak 2.600 hingga 3.000 orang per hari. Kita akan lebih memfokuskan vaksinasi untuk target vaksin yang kedua, kami mempunyai target rata-rata nanti puskesmas bisa mem-vaksin 100 hingga 200 orang per hari, itupun menjadi target temen-temen per puskesmas, jadi harapan saya nanti untuk dosis kedua ini, di 26 puskesmas dapat melaksanakannya sesuai target itu,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Temanggung, Dwi Sukarmei.

Dwi menyebutkan, saat ini capaian vaksinasi dosis kedua di Temanggung baru 24,31 persen, atau 151.800 orang. Dengan percepatan vaksinasi dosis kedua tersebut diharapkan pada akhir tahun 2021 ini dapat tercapai lebih dari 60 persen.

“Capaian vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Temanggung baru 24,31 persen, atau 151.800 orang, dari target 624.346 orang, karena selain menjadi indikator menuju level 1, percepatan capaian vaksinasi dosisi kedua ini menjadi kunci mempertahankan kondisi pandemi yang sedang membaik di Temanggung,” imbuhnya.

Menurut Dwi, selain menjadi indikator untuk menuju level satu, vaksinasi dosis kedua sangat penting untuk menghindarkan dari pemburukan jika terpapar Covid-19.

“Karena target capaian vaksinasi dosis kedua ini menjadi salah satu indikator apabila kita kepengen menuju level satu, dan juga untuk mendhindari pemburukan seseorang jika terpapar Covid-19” tegasnya.

Meskipun Pemkab Temanggung mempercepat vaksinasi dosis kedua, namun vaksinasi dosis pertama juga terus dilakukan. Hingga saat ini capaian vaksinasi dosis pertama sebanyak 376.336, atau 60,28 persen, dari target 624.346 orang.

Artikel Menarik Lainnya :  Petani Tembakau di Temanggung Untung Besar, di Akhir Panen Varietas Srintil Dibeli Rp850.000 /Kg

“Jadi meski kita fokuskan pada vaksinasi dosis kedua, namuan vaksinasi dosis pertama tetap kita lakukan, karena target vaksinasi dosis pertama kita di atas 70 persen, dan kini baru mencapai 60,28 persen,” pungkasnya. (set)