Kebutuhan Pupuk ZA di Temanggung Kini Terpenuhi, Cukup hingga Juni 2022

Kebutuhan Pupuk ZA di Temanggung Kini Terpenuhi, Cukup hingga Juni 2022
Kebutuhan Pupuk ZA di Temanggung Kini Terpenuhi, Cukup hingga Juni 2022

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Kesulitan pupuk ZA beberapa waktu lalu bukan berarti kuota atau persediaan kurang, tetapi semata-mata karena distribusi terlambat saat libur Lebaran.

“Tidak karena langka atau alasan yang lain, hanya masalah distribusi yang terlambat karena liburan Lebaran lalu,” diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan Pertanian dan Peternakan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nurtanyo.

Namun lanjutnya, dalam beberapa hari terakhir sudah digelontor pupuk ZA antara 100 hingga 150 ton per hari untuk memenuhi kebutuhan petani tembakau yang saat ini tengah memasuki masa tanam.

“Droping 100 hingga 150 ton ZA per hari tersebut untuk mengganti ekpedisi yang libur Lebaran hampir dua minggu kemarin,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu petani tembakau di Temanggung sempat kesulitan mendapatkan pupuk ZA.

“Insyaallah dengan pasokan tersebut, kebutuhan pupuk ZA hingga bulan Juni 2022 bisa tercukupi,” katanya.

Seperti diketahui, pekan lalu Pemkab Temanggung berkirim surat pada PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) untuk mempercepat distribusi pupuk ZA karena dibutuhkan untuk pemupukan tanaman tembakau.

Joko menjelaskan pupuk ZA salah satu jenis pupuk yang mengandung Nitrogen yang dibutuhkan tanaman tembakau. Ada dua jenis pupuk Nitrogen, yakni ZA kandungan Nitrogen 21 persen dan urea kandungan Nitrogen 46 persen.

“Tanaman tembakau membutuhkan pupuk ZA bukan urea karena kandungan Nitrogennya sedikit, karena kalau Nitrogen terlalu banyak justru jelek terhadap tanaman tembakau, masa vegetatifnya lebih lama.” katanya. (set)