Keberadaan KSPN Borobudur jadi Harapan Baru Ekonomi Purworejo Utara

TARAWIH. Bupati bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD saat melaksanakan tarawih bersama di Masjid Busyrollathif, Desa Guyangan Kecamatan Loano. (Foto lukman)
TARAWIH. Bupati bersama jajaran Forkopimda dan pimpinan OPD saat melaksanakan tarawih bersama di Masjid Busyrollathif, Desa Guyangan Kecamatan Loano. (Foto lukman)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Keberadaan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur di wilayah Purworejo sebelah utara khususnya Kecamatan Loano dan Kecamatan Bener memberikan harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi di dua kecamatan tersebut.

Karenanya, masyarakat di kedua kecamatan tersebut diharapkan bisa bekerjasama dengan Badan Otorita Borobudur untuk menggali potensi yang dimiliki.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM saat melaksanakan tarawih silaturahim (tarhim) di Masjid Busyrollathif, Desa Guyangan Kecamatan Loano, kemarin malam.

“Saya mengajak masyarakat termasuk warga Desa Guyangan Kecamatan Loano untuk mendukung pengembangan potensi daerah. Salah satunya melalui kerja sama dengan Badan Otorita Borobudur guna kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Purworejo,” katanya.

Selain itu, dengan keberadaan KSPN Borobudur yang sampai ke wilayah Purworejo juga memberikan tantangan bagi masyarakat Purworejo untuk terus meningkatkan sumber daya manusianya sehingga dapat bersaing di masa mendatang.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang ada di sekitar Kabupaten Purworejo meliputi Yogyakarta International Airport, KSPN Borobudur, Bendungan Bener serta rencana pembangunan jalan Tol Cilacap-Yogyakarta. Sehingga masyarakat harus dapat menggali potensi yang dimiliki untuk menangkap peluang yang ada.

“Di sisi lain kita melihat saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Namun saya meminta masyarakat tetap menerapkan prokes serta vaksinasi lengkap dosis ke-3 booster, karena merupakan salah satu syarat dalam perjalanan jarak jauh baik melalui darat, laut, maupun udara,” jelasnya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH juga menyerahkan secara langsung bantuan dari Baznas berupa uang tunai dan bingkisan berupa perlengkapan ibadah yang diberikan kepada 10 orang masyarakat Desa Guyangan. (luk)