Kebakaran Pabrik, 10 Rumah di Magelang Bisa Terselamatkan

Kebakaran Pabrik, 10 Rumah di Magelang Bisa Terselamatkan
Proses pemadaman api kebakaran pabrik di Desa Sidoagung, Tempuran Kabupaten Magelang. Foto: Chandra Yoga Kusuma/magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGKSPRES.COM – Korsleting listrik diduga menjadi pemicu kebakaran di Pabrik PT Sengon Kondang Nusantara di Jalan Punduh, Dusun Sidomukti 2 RT 01 RW 02, Desa Sidoagung, Tempuran, Kabupaten Magelang, Jumat (5 /8/2022) pukul 02.09 WIB.

Kebakaran diketahui security Suyoto. Ia melihat percikan api dari Mesin Sender Finishing (amplas ). Api tersebut diduga dari korsleting listrik. Api kemudian menjalar masuk ke tempat penampungan serbuk, house bag filter 1 dan terjadi kebakaran pada mesin blower (BF 1).

“Kemudian saksi melapor ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang pada pukul 02.09 WIB,” ucap Petugas Damkar Kabupaten Magelang, Yoga Subarkah.

Usai menerima laporan, Regu Piket Damkar Kabupaten Magelang menindak lanjuti dengan memberangkatkan lima mobil pompa, dua tangki suplay, unit rescue dan ambulance. Berangkat menuju ke lokasi pada pukul 02.11 WIB dan tiba di lokasi pada pukul 02.13 WIB.

Dalam proses pemadaman api, petugas dibantu anggota dari Polsek Tempuran dan Koramil Tempuran.

Proses memadamkan api memakan waktu sekitar 2,5 jam. Api kebakaran baru dapat dipadamkan serta diisolasi sehingga tidak merembet ke tempat produksi dan 10 rumah warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

“Dalam kejadian kebakaran tersebut, mengalami kerugian material diperkirakan sekitar 25 juta rupiah. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut,” terang Yoga.(cha)