Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkab Temanggung Belum Terapkan PSBB

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Temanggung, Gotri Wijianto. 
Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Temanggung, Gotri Wijianto. 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Meskipun jumlah warga Temanggung yang dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19) terus bertambah, namun sampai saat ini pemerintah kabupaten belum mengambil langkah kebijakan selanjutnya untuk pencegahan penyebaran virus asal negeri tirai bambu itu.
“Kami masih menunggu Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung dalam hal ini adalah Bupati, bagaimana langkah selanjutnya untuk mencegah penyebarannya di Temanggung,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung, Gotri Wijianto, Rabu (29/4).
Berdasarkan hasil laboratorium swab tes pada Rabu (29/4), jumlah warga Temanggung yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 11 orang.
Dirincikan, 11 orang positif ini adalah, 4 orang klaster Gowa Sulawesi Selatan, 4 orang ada hubungan erat dengan klaster Gowa dan 3 orang ada hubungan erat dengan anak buah kapal (ABK) Brazil.

Baca Juga
Polisi Bekuk 4 Kawanan Pencuri Ternak di Temanggung

“Jumlah total saat ini seharusnya ada 32, namun karena hari ada yang sembuh satu orang maka total hari ini hanya 31 orang positif,” terangnya.
Menurutnya, kondisi saat ini memang sudah semakin bertambah banyak warga Temanggung yang dinyatakan positif Covid-19 dari transmisi lokal.  Setidaknya dari transmisi lokal bertambah 7 orang.
“Kewaspadaan harus semakin ditingkatkan, jaga jarak, jaga kebersihan dan tetap mengenakan masker, dan sebaiknya tetap dirumah,” pesan Gotri.
Ketika ditanya apakah Temanggung akan segera mengajukan
Terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau masuk sebagai zona merah. Gotri mengatakan, kewenangan untuk mengajukan ada ditangan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Temanggung.
Dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Temanggung jumlah total positif menjadi 35 orang, 4 orang sembuh, penambahan tranmisi lokal 8 orang dan sisanya klaster Gowa Sul Sel.
Gotri menambahkan, saat ini 31 orang yang dinyatakan positif Covid-19 ini sudah dirawat di RSUD Djojonegoro Temanggung.
“Kami akan menambah tracking kontak erat dari warga yang dinyatakan positif corona ini, masyarakat tetap harus tenang dan tetap jaga kesehatan dengan protokol pencegahan covid-19,” pesannya. (set)