Kasihan, Tak Bisa Menunjukkan Kartu Vaksin, 1.000 Pengunjung Ketep Pass Putar Balik

Petugas Obyek Wisata Ketep Pass memeriksa bukti vaksinasi kepada pengunjung.
PEMERIKSAAN. Petugas Obyek Wisata Ketep Pass memeriksa bukti vaksinasi kepada pengunjung.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Objek wisata gardu pandang Ketep Pass yang terletak di Sawangan Kabupaten Magelang, dalam uji coba pembukaan, langsung dikunjungi wisatawan. Dalam kesempatan ini banyak yang putar balik atau kembali pulang karena tidak bisa menunjukan kartu vaksin covid-19.

Kabag Pemasaran dan Promosi DTW Ketep Pass, Edward Alfian mengatakan, hal tersebut dikarenakan Ketep Pass memberlakukan syarat penerapan protokol kesehatan ketat, termasuk syarat adanya kartu vaksin.

“Semenjak dibuka kembali pada Jumat (29/10/2021), jumlah kunjungannya bagus. Namun banyak yang putar balik karena Ketep Pass hanya menerima pengunjung yang bisa menunjukan bukti sudah di vaksin covid-19,” ucap Edward, Kamis (4/10/2021).

Edward mengatakan, jumlah pengunjung pada hari pertama dibuka Jumat (29/10/2021) sebanyak 41 pengunjung, kemudian pada hari selanjutnya, Sabtu sebanyak 311 pengunjung, pada Minggu 400 pengunjung, hari Senin libur, untuk Selasa dan Rabu 90-an pengunjung.

“Jumlah pengunjung pada akhir pekan meningkat, namun jumlah pengunjung yang putar balik jumlahnya dua kali lipat. Hal itu dikarenakan dalam rombongan ada satu atau beberapa orang tidak bisa menunjukan bukti telah vaksinasi. Seperti pada hari Minggu kemarin jumlah pengunjung yang masuk Ketep Pass 400 namun yang putar balik ada 1.000 pengunjung,” papar Edward.

Secara teknis pemeriksaan bukti telah vaksinasi, melalui aplikasi pedulilindungi, atau menunjukan fisik kartu vaksin.

“Jika tidak bisa tunjukan akses aplikasi pedulilindungi, dari manajemen Ketep Pass ada kebijakan menunjukan kartu vaksin yang akan dicocokan dengan identitas pengunjung,” ungkap Edward.

Uji coba ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Nomor : SE/31/IL04.00/DII/2021 Tanggal 25 Oktober 2021. Daya Tarik Wisata (DTW)  Ketep Pass Magelang termasuk 1 dari 40 Taman Rekreasi Se – Indonesia yang akan dilakukan uji coba pembukaan taman rekreasi tahap III, dalam penerapan protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Biadab! Suami Tusuk Istri hingga Tewas