Karawitan Among Roso SMPIT Insan Mulia Wonosobo Berikan Suasana Beda

PERSIAPAN. Karawitan Among Roso kelompok binaan dari SMPIT Insan Mulia Wonosobo yang terdiri dari peserta didik kelas 7 dan 8 saat melakukan latihan untuk penampilan di acara Muswil JSIT Jateng, Sabtu, (5/3).
PERSIAPAN. Karawitan Among Roso kelompok binaan dari SMPIT Insan Mulia Wonosobo yang terdiri dari peserta didik kelas 7 dan 8 saat melakukan latihan untuk penampilan di acara Muswil JSIT Jateng, Sabtu, (5/3).

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES.COMAda yang beda pada Muswil V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah yakni dengan hadirnya iringan karawitan yang menambah khidmat suasana. Karawitan ini merupakan kelompok binaan dari SMPIT Insan Mulia Wonosobo yang terdiri dari peserta didik kelas 7 dan 8.

Inisiator Karawitan Among Roso adalah Kepala SMPIT Insan Mulia Wonosobo, Yayuk Srilestari, S.Pd., M.Pd.I. Karawitan ini dibentuk dengan tujuan menjalankan peraturan Bupati Wonosobo untuk mengembangkan muatan lokal di sekolah, sekaligus mengembangkan minat dan bakat peserta didik khususnya di bidang kesenian. Sebagai pelatih adalah kang Dwi Pranyoto didampingi guru Bahasa Jawa dari SMP IT Insan Mulia Wonosobo yaitu Mustofa.

Terbentuk pada tahun 2019, tim ini berlatih sepekan sekali. Namun untuk Muswil, tim karawitan melakukan latihan setiap hari selama satu bulan. Latihan dilakukan di ruang karawitan SMPIT Insan Mulia Wonosobo. Tim karawitan ini beberapa kali tampil di agenda sekolah dan IKKS (Ikatan Kerja Kepala Sekolah).

Mustafa menyampaikan suka duka melatih karawitan yakni bahwa pemain cenderung cepat jenuh, sehingga tidak fokus dan bermain sendiri sehingga pelatih harus mampu menyesuaikan suasana hati dan ikatan hati pemain. Sementara itu Musatafa juga menyampaikan rasa bannga, peserta didik yang dilatihnya mau ikut serta melestarikan budaya dengan cara ikut karawitan serta tim karawitan mampu tampil di berbagai acara.

Pada Muswil V JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada Sabtu – Ahad, 5 – 6 Maret 2022, Among Roso akan menampilkan beberapa lagu yaitu Manyar Sewu, Sluku-Sluku Batok Singo Nebah, Senandung Tasbih, Lir-ilir
dan Selawat Badar. (rls)