Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang Andalkan Pelayanan Online

Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang Andalkan Pelayanan Online
Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang Andalkan Pelayanan Online

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG –  Jam pelayanan Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang pada bulan Ramadan ini tergolong singkat tiap hari kerjanya. Mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang, Drs. Suwito, S.H., M.Kn. mengatakan, kebijakan jam pelayanan tersebut juga terpengaruh dari kebijakan pelayanan di saat pandemi virus corona.

“Sebenarnya pelayanan tidak full seharian, mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB sudah kami laksanakan sebelum bulan Ramadan, sejak ada pandemi covid 19,” ucap Suwito, Jumat (24/4).

Menurut Suwito, pelayanan secara konvensional jauh berkurang, dan pihaknya lebih mengandalkan pelayanan online, yang bisa dilayani dengan sistem work from home.

“Bila terpaksa dilayani secara konvensional atau datang ke kantor maka tetap dilayani, meskipun terbatas. Dalam pandemi covid 19 ini, kami lebih memaksimalkan pelayanan online,” ungkap Suwito.

Adapun secara teknis pelayanan konvensional atau offline, dengan datang ke kantor Kantor Pertanahan Kabupaten Magelang, tetap menggunakan protokol physical distancing. Masyarakat masuk ruang pelayanan satu persatu.

Oleh karenanya, pelayanan konvensional ini pada musim pandemi Covid 19 ini menurun 50%, dibandingkan dengan saat normal, sekitar 60 sampai 70 orang perhari.

“Pelayanan yang dilaksanakan adalah pemeliharaan data, yaitu balik nama, roya, pengecekan, sertifikat, peningkatan hak GB menjadi hak milik. Termasuk Pendaftaran tanah pertama kali, dan lain-lain,” papar Suwito.(cha)