Kantor Bank Jateng Cabang Purworejo Terbakar, Data dan Dokumen Berharga Dipastikan Aman

- Kantor Bank Jateng Cabang Purworejo yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 20 Purworejo mengalami kebakaran pada Kamis (5/8) pagi.
- Kantor Bank Jateng Cabang Purworejo yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 20 Purworejo mengalami kebakaran pada Kamis (5/8) pagi.

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Kantor Bank Jateng Cabang Purworejo yang terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 20 Purworejo mengalami kebakaran pada Kamis (5/8) pagi. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, tetapi kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Kantor Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo diketahui, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu petugas keamanan Bank Janteng melihat ada titik api di ruang pelayanan dan berusaha untuk memadamkan. Lantaran api makin membesar, petugas langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mako Damkar Purworejo untuk meminta bantuan.

“Kami menerima berita sekitar pukul 05.00 WIB. Mendapati adanya laporan itu, regu piket Damkar Purworejo langsung berangkat ke lokasi dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran sebagai langkah penanganan,” kata Kasi Damkar, Rubino.

Sesampainya di lokasi kejadian, regu Damkar langsung melakukan pemadaman dan pendinginan. Sekitar pukul 05.30 WIB api dapat terkondisikan.

Melihat sisa-sisa kebakaran, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta riupiah.

“Ruang pelayanan bagian depan terbakar semua. Terkait penyebab kebarakan dan jumlah kerugian secara pasti masih dalam penyelidikan Kepolisian,” sebutnya.

Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Agus Budi Yuwono, mengemukakan bahwa tim Labfor masih melakukan penyelidikan atas peristiwa tersebut.

“Hasilnya menunggu penyelidikan tim Labfor, tapi dugaan awalnya karena hubungan arus pendek listrik,” terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Bank Jateng Cabang Purworejo, Hery Kusindarto, menyatakan bahwa adanya insiden kebakaran tidak mengganggu layanan bagi nasabah. Manajemen Bank Jateng mengalihkan layanan dengan mengoperasikan mobil unit keliling dan ke beberapa kantor cabang pembantu (Capem) terdekat.

“Untuk kantor cabang tetap buka, untuk mobil keliling unit melayani tarik dan setor tunai, sedangkan pelayanan kredit  di kantor bagian belakang yang tidak terdampak kebakaran,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Kades Sitiadi Puring Ditetapkan Jadi Tersangka, Beberapa Warga Cukur Gundul, Minta Kades Ditahan

Adapun kantor Capem terdekat yang dioptimalkan untuk melayani nasabah adalah Capem Baledono, Kantor Kas Purwodadi, dan Kantor Kas Kutoarjo. Operasional kantor pada Kamis pagi juga tetap berlangsung normal mulai pukul 08.00 WIB.

Menurutnya, proses pemulihan kantor yang terbakar direncanakan selesai dalam waktu satu bulan.

“Kami mendapat informasi dari kantor pusat, perkiraannya selesai dan kembali normal dalam satu bulan. Kantor kami juga sudah terlindungi asuransi,” jelasnya.

Hery memastikan seluruh data dan dokumen berharga milik nasabah dalam keadaan aman karena  tersimpan dalam tempat khusus kedap api. Data-data juga tersimpan dalam sistem online.

“Adapun dokumen dan surat berharga dipastikan kondisinya aman,” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran. Namun, diduga akibat korsleting listrik.

“Diduga akibat hubungan arus pendek listrik pada bagian teller,” ungkapnya. (top)