Kaktus Mini Kian Digemari Masyarakat untuk Souvenir

KAKTUS MINI. Budidaya tanaman kaktus mini kian digemari masyarakat untuk souvernir.
KAKTUS MINI. Budidaya tanaman kaktus mini kian digemari masyarakat untuk souvernir.

KABUPATEN MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM – Souvenir nampaknya menjadi kebutuhan pokok bagi yang sedang menyelenggarakan hajatan ataupun sebagai buah tangan. Di Magelang Jawa tengah ada seorang ibu rumah tangga yang berhasil menjual souvenir dengan tema penghijauan yakni kaktus mini.

Lucu dan imut seperti itulah penampakan sekilas tentang souvenir tanaman kaktus mini ini. Ditambah dengan balutan kain, pita dan batu hias menambah cantik tampilan tanaman yang dikenal berasal dari daerah gurun tersebut.

Adalah Pemilik Rumah Kaktus Magelang, Novita Nila Dewi (32) seorang ibu rumah tangga warga Dusun Gadungan, Desa Pasuruhan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah ini yang sukses mengkaryakan tanaman hias kaktus mini menjadi souvenir.

Usaha yang sudah ditekuni sejak tahun 2016 lalu tersebut hingga kini makin digemari oleh para pemburu souvenir, terlebih disaat musim pengantin, Ia mampu menyelesaikan ribuan pesanan yang datang dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jogjakarta ini.

“Kalau tahun ini puncaknya di bulan Juli ini, hingga kemarin sudah 5000 pcs kurang lebihnya menerima pesanan souvenir, pesanan itu datang dari Kota Salatiga, Kabupaten Magelang dan juga Jogjakarta,” jelasnya.

Untuk menjaga tampilan, bahkan ia tidak segan untuk mengirim langsung souvenir yang dibuatnya hingga tempat acara.

“Kalau yang sering mintanya diantar pagi langsung di gedung tempat acara pernikahan berlangsung, sehingga pengantin dan juga Wedding Organizer (WO) tidak perlu repot repot untuk membawa sendiri ke lokasi,” imbuhnya.

Meski terbilang cukup unik, lanjutnya, namun harganya pun masih terjangkau untuk paket souvenir kaktus dihargai mulai dari 10 ribu rupiah, tergantung dari jenis kaktus dan hiasan yang digunakan.

“Kalau paperbag nya kita kasih free, tapi ada juga yang meminta menggunakan karton sehingga kita minta tambah, tapi pada umumnya meminta yang paket 10 ribu itu,” jelasnya.

Banyaknya pesanan souvenir kaktus ini nampaknya memaksa ia harus bekerja sama dengan para petani kaktus dari wilayah Magelang hingga luar daerah.

“Karena kaktus ini kan pertumbuhanya cukup lama sehingga kita tidak mungkin untuk memproduksi sendiri sehingga kita bekerja sama dengan para petani lain,” terangnya.

Diharapkan melalui souvenir kaktus tersebut dapat mengajak para penerima souvenir untuk turut serta menghijaukan lingkungan mulai dari hal yang kecil. Karena tanaman kaktus ini cukup mini sehingga bisa diletakkan didalam rumah dan tentunya menambah tabungan oksigen di dalam rumah.

Salah satu pemburu souvenir kaktus asal Magelang, Ikhsani Purwoko (25) mengaku sangat tertarik dengan souvenir kaktus karena tampilannya yang cantik dan bentuknya yang lucu dan imut sehingga ingin diberi untuk buah tangan para tamu undangan yang datang  ke pesta pernikahannya.

“Sangat cocok untuk souvenir, karena bentuknya itu lucu, imut ditambah kemasan yang cantik sehingga souvenir ini terlihat mewah, meskipun dengan harga yang terjangkau,” imbuhnya.

Terlebih tanaman kaktus ini juga untuk penghijauan lingkungan dan bentuknya yang mini sangat cocok untuk ditaruh dimana saja termasuk didalam rumah.(cha)