Kabar Gembira! Warga Wonosobo Kini Bisa Lapor Bupati Terkait Kondisi Pelayanan Publik dengan Cepat

Pelatihan sesi pertama untuk para admin OPD Pemkab Wonosobo
ADMIN. Pelatihan sesi pertama untuk para admin OPD, di ruang rapat utama Diskominfo, Selasa (9/10).

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Kanal aduan masyarakat Lapor Bupati Wonosobo mulai diperkenalkan kepada para admin OPD Pemkab, Selasa (19/10). Melalui kanal yang dibangun dari inisiatif Bupati Afif Nurhidayat tersebut, warga yang melaporkan aduan bakal mendapat tanggapan maksimal dalam 2 jam.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eko Suryantoro menegaskan pihaknya siap mendorong para admin kanal Lapor Bupati agar merespons cepat setiap aduan yang masuk. Dengan adanya tanggapan yang cepat dari admin kanal tersebut  warga  Wonosobo akan memanfaatkannya untuk menyampaikan setiap kondisi pelayanan publik yang memerlukan perbaikan.

“Kanal lapor Bupati ini kita bangun sebagai fasilitasi aduan maupun laporan warga yang masuk untuk secepatnya bisa ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait, sehingga peran para admin untuk merespons secara cepat sangat penting,” terang Eko saat membuka pelatihan sesi pertama untuk para admin OPD, di ruang rapat utama Diskominfo, Selasa (9/10).

Menurutnya, portal Lapor Bupati, juga menjadi kanal kedua yang dikelola Dinas Kominfo setelah layanan panggilan darurat call centre (CC) 112 yang telah beroperasi selama 24 Jam penuh. Pemerintah mesti memiliki respon yang cepat terhadap setiap keluhan warga masyarakat, khususnya apabila hal itu berkaitan langsung dengan layanan publik.

Dengan telah diberikan pelatihan terkait teknis pengelolaan aduan masyarakat, para admin OPD juga memiliki semangat yang selaras dengan niat awal dibuatnya kanal Lapor Bupati. Sebagaimana telah diatur dalam Standard Operational Procedure (SOP) Kanal Lapor Bupati, Eko meminta respons awal di tingkatan admin penerima aduan benar-benar tidak melebihi 2 jam, dan berlanjut ke tahap-tahap selanjutnya, sehingga upaya penyelesaian aduan tidak akan melebihi waktu yang ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Teknik Komunikasi dan Persandian Bidang Informatika Diskominfo, Priyo Cahyono dalam materi paparannya menyebut sebagian besar warga masyarakat Wonosobo belum memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan aduannya.

Artikel Menarik Lainnya :  Carica dan Mie Ongklok Antarkan Wonosobo Raih Anugerah Sebagai  Kabupaten Kreatif 2021 dari Kemenparekraf

“Bagi yang paham dengan media sosial, atau biasa disebut sebagai netizen, kebanyakan dari mereka saat ini memanfaatkan kanal Lapor Gubernur Jawa Tengah ketika ada keluhan terkait pelayanan publik,” katanya

Kanal lapor Gubernur, diakui Priyo saat ini masih menjadi sasaran aduan masyarakat karena kecepatan respon pada tingkat penanganan maupun tindak lanjutnya, sehingga pihaknya berupaya untuk setidaknya bisa memberikan respons serupa pada kanal Lapor Bupati.

“Selain itu, kita juga mengupayakan aduan yang masuk agar nantinya dapat dipantau (tracking) oleh pelapor, serta mampu mengakomodasi laporan dari platform media sosial, dengan kriteria khusus,” tandasnya.

Sesuai dengan SOP yang telah dibuat, setiap laporan warga yang masuk melalui kanal lapor Bupati Wonosobo, disebut Priyo bakal mendapat tindak lanjut dan penyelesaian dalam waktu maksimal 7 x 24 jam. (gus)