Kabar Gembira!, Purworejo Bakal Miliki Mini Zoo

Di Sebelah timur kolam renang Arta Tirta Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo akan dibangun mini zoo

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Kabupaten Purworejo bakal memiliki kebun binatang mini atau Mini Zoo. Pada tahun 2022, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo berencana membangunnya untuk mendukung pariwisata di wilayah perkotaan Purworejo.

Nantinya Mini Zoo tersebut akan dibangun di sebelah timur kolam renang Arta Tirta Kelurahan Baledono Kecamatan Purworejo.
“Pada tahun 2022 rencananya akan membangun mini zoo di sebelah timur arta tirta,” kata Kepala Dinporapar Purworejo, Stephanus Aan Isa Nugroho SSTP MSi, saat dikonfirmasi pada Selasa (4/12).

Menurutnya, kebun binatang mini itu memiliki konsep yang sederhana, tetapi menarik untuk dikunjungi wisatawan, terutama anak-anak. Dinporapar akan menggandeng berbagai komunitas untuk mengisi hewan.

“Di kebun binatang mini tersebut nantinya juga akan diisi dengan hewan yang friendly, seperti kelinci dan yang lainnya. Nanti pengunjung juga bisa memberi makan hewan di situ, kita juga memberikan tempat bagi komunitas seperti komunitas reptil dan yang lainya,” jelasnya.
Lebih lanjut Aan mengungkapkan bahwa wilayah perkotaan Purworejo faktanya memiliki potensi dan posisi strategis karena sebagai penghubung beberapa wilayah.

“Kita posisinya adalah titik penghubung antar wilayah, seperti Jogja ke Magelang atau Magelang ke Kebumen dan yang lain itu lewat sini, jadi kota dengan heritage-nya ini akan ditata sedemikian rupa,” ungkapnya.

Purworejo saat ini juga sudah dibangun banyak taman di perkotaan. Nantinya juga ada sport center di Gedung Olahraga (GOR) Sarwo Edhie Wibowo. Jadi, Purworejo kota akan menjadi pusat aktivitas wisatawan.

“Jadi kita sebagai penghubung tidak hanya dilewati tapi mereka berhenti disini untuk menikmati wisata perkotaan, sehingga perputaran ekonomi juga semakin baik,” jelasnya.
Selain itu, beberapa infrastruktur lain juga telah dilakukan pembangunan dan perbaikan. Beberapa di antaranya adalah pembangunan Art Center dan revitalisasi Alun-alun Kutoarjo.
“Fasilitas di Goa Seplawan juga dilakukan pembangunan, seperti fasilitas parkir dan yang lainnya, pantai Dewa Ruci juga dibangun, semoga kedepan bisa berbenah lagi dan menjadi branding kuliner serta event skala nasional,” lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya :  Perlu Dicontoh! MDS Rijalul Ansor di Purworejo Merintis Dakwah Millenial

Rencananya di Kabupaten Purworejo juga akan dilakukan pembangunan hotel bintang tiga sebagai pendukung pariwisata.

“Ketika kemudian semua yang berkaitan dengan kepariwisataan sudah siap maka tempat menginap yang representatif sangat diperlukan, tapi bukan berarti hotel yang ada sekarang ini tidak baik, sudah baik tapi memang perlu adanya hotel berbintang sebagai pendukung pariwisata,” tandasnya. (top)