Jumlah Calhaj di Wonosobo Turun Drastis, Tahun Ini 347 Orang

MANASIK. Calon Jamaah Haji Kabupaten Wonosobo menjalani manasik haji tingkat kabupaten di Gedung Haji Mendolo kemarin.
MANASIK. Calon Jamaah Haji Kabupaten Wonosobo menjalani manasik haji tingkat kabupaten di Gedung Haji Mendolo kemarin.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM– Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Wonosobo menjalani manasik haji tingkat kabupaten di Gedung Haji Mendolo kemarin. Jumlah calon jamaah haji tahun 2022 mencapai 347 orang, jumlah tersebut mengalami penurunan signifikan dibanding tahun 2019 silam yang mencapai 1079 orang.

“Di tingkat Jateng kuota haji mengalami penurunan 42 persen lebih, untuk Kabupaten Wonosobo yang akan berangkat 347 orang,” ungkap Kasubag TU Kemenag, H Mahbub, pada acara manasik haji tingkat kabupaten tahun 2022 di Gedung Haji Wonosobo, kemarin.

Menurutnya, setelah dua tahun tidak memberangkatkan haji lantaran pandemi, tahun 2022 ini, pemerintah Saudi Arabia kembali membuka ibadah haji, sedangkan kuota di Indonesia yang paling besar.

Jumlah jamaah haji Indonesia sesuai dengan kuota serta kebijakan  dari pemerintah Arab Saudi  adalah 100.051 yang terdiri dari 92.825 kuota jamaah haji reguler, 7.226 kuota jemaah haji khusus, dan 1.901 kuota petugas.

“Pemerintah Saudi membuka ibadah haji tahun ini, hanya sejumlah 1 juta jamaah untuk seluruh dunia, namun 15 persen kuota sudah diambil oleh pemerintah setempat untuk jamaah domestik,” ucapnya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat Wonosobo yang bisa berangkat haji tahun ini untuk mensyukuri nikmat tersebut. Sedangkan yang belum bisa berangkat untuk bersabar, sebab peluang lebih besar akan dibuka pada tahun tahun berikutnya.

“Semua harus bersyukur atas anugerah pemberangkatan haji tahun ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang belum bisa berangkat, namun sudah terdaftar, untuk tidak tertipu oleh calo atau upaya penipuan dengan dalih apapun yang bisa memberangkatkan haji ke Tanah Suci.

“Hati-hati kasus penipuan, biasanya dalam kondisi seperti saat ini, rawan terjadi hal seperti itu,” ucapnya.

Di sisi lain, kepada calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini juga untuk aktif mengikuti proses manasik haji yang digelar oleh Kemenag serta menjaga kesehatan tubuh dengan aktif melakukan olahraga dan memantau perkembangan kebugaran secara rutin.

“Yang penting jaga kesehatan, persiapan fisik dan non fisik dengan baik serta fokus pada ibadah,” pungkasnya. (gus)