Jokowi Blusukan ke Pasar Baledono Purworejo, Pastikan Stabilitas Perekonomian Jelang Ramadan

TINJAU PASAR BALEDONO. Presiden Jokowi meninjau pasar Baledono Purworejo untuk memastikan stabilitas ekonomi jelang Ramadan dan Idul Fitri 2022, kemarin.(Foto: eko)
TINJAU PASAR BALEDONO. Presiden Jokowi meninjau pasar Baledono Purworejo untuk memastikan stabilitas ekonomi jelang Ramadan dan Idul Fitri 2022, kemarin.(Foto: eko)

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, melakukan blusukan ke Pasar Baledono Kabupaten Purworejo,  Rabu (30/3).  Kedatangan Jokowi yang menjadi rangkaian kunjungan di wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta tersebut untuk memastikan stabilitas perekonomian jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022.

Jokowi tiba di Pasar Baledono pada pukul 10.15 WIB dan langsung disambut Bupati Purworejo Agus Bastian, Wakil Bupati Yuli Hastuti, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, para pejabat serta masyarakat Kabupaten Purworejo. Jokowi kemudian menyapa ratusan warga dengan melambaikan tangan serta bersalaman dengan beberapa warga. Saat momen tersebut banyak juga warga yang berteriak histeris memanggil nama Jokowi. Bahkan, hingga merangsek masuk menembus barikade Paspampres untuk dapat bersalaman.

Setelah menyapa warga di depan pasar, kemudian Jokowi masuk ke lantai 2 Pasar Baledono untuk meninjau situasi serta menyapa para pedagang. Di dalam pasar itu, Jokowi menghampiri beberapa kios untuk membeli dagangan yang ada di Pasar Baledono. Jokowi terlihat keliling pasar sambil membeli beberapa bahan pangan seperti cabai, tempe, ikan teri, jahe dan yang lainnya.

Salah satu pedagang yang beruntung dagangannya dibeli oleh Jokowi adalah Sanah (53). Di kios itu, Jokowi membeli cabai sejumlah 1 kilogram. Menurut Sanah, menjelang Ramadan ini harga cabai naik 5 ribu rupiah dibanding beberapa hari lalu.

“Senang sekali. Iya tadi pak Jokowi beli di sini, beli cabe 1 kilo, harganya Rp40 ribu tapi dibayar Rp200 ribu. Iya ini menjelang ramadan biasa naik,” kata pedagang sayuran tersebut.

Selain keliling pasar, Jokowi juga membagikan sembako dan kaos ke beberapa warga yang datang. Terlihat warga berebut untuk mendapat kaos dan sembako tersebut. Salah satu warga yang mendapat paket sembako, Jeminah (60), mengucapkan terima kasih terhadap pemberian sembako tersebut.

“Terimakasih Pak Jokowi. Saya dapat sembako, ada beras, gula, banyak ini isinya,” ujar Jeminah.

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat ditemui usai kunjungan presiden mengungkapkan bahwa kedatangan presiden kali ini hanya sebatas meninjau pasar tradisional Baledono. Presiden memastikan bahwa keadaan perekonomian di Purworejo tetap stabil, terutama dalam menghadapi bulan puasa serta idul fitri mendatang.

“Untuk harga-harga ya sesuai dengan situasi, menjelang ramadan ya naik tapi naiknya masih wajar,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, dalam kunjungan itu tidak ada pesan khusus yang disampaikan Presiden. Obrolan bupati dan presiden, hanya sebatas seputar Pasar Baledono.

“Iya kita ceritakan Pasar Baledono pernah terbakar dan kemudian kita bangun kembali. Antusiasme warga juga sangat luar biasa, (padahal) sebenarnya juga tidak ada pengumuman atau apa, situasional saja,” terangnya. (top)