Jembatan Gantung Mlangen Diperbaiki Swadaya Warga

RENOVASI. Sejumlah warga memperbaiki papan bangunan jembatan gantung di Dusun Mlangen, Desa Sidorejo, yang menghubungkan Kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Jembatan Gantung Mlagen yang menghubungkan wilayah Dusun Mlagen, Desa Sidorejo, Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang dan Kelurahan Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang mulai direnovasi. Perbaikan jembatan di atas Sungai Progo ini berupa penggantian papan yang kondisi sebagian memang sudah rusak.

Tokoh Masyarakat Dusun Mlagen, Agung mengatakan, penggantian papan di atas jembatan sepanjang 55 meter dan lebar 1,8 meter ini dimulai per Minggu (2/8). Renovasi dilakukan secara swadaya masyarakat Dusun Mlagen.

“Kita hanya mengganti papannya saja yang sudah mulai rusak. Perbaikan jembatan ini rutin dilakukan tiap 10 tahun dan tahun ini merupakan yang kedua kalinya kita lakukan,” ujarnya di sela kegiatan renovasi, Minggu (2/8).

Dia menuturkan, jembatan ini sudah dibangun sejak tahun 1994 dan baru dua kali ini diganti papan. Penggantian ini diklaim menggunakan material yang lebih bagus dan tahan lama dibanding sebelumnya.

“Tentunya kami juga berharap lebih aman ketika dilalui oleh masyarakat baik pejalan kaki maupun yang naik kendaraan sepeda motor,” katanya.

Agung menyebutkan, penggantian papan menghabiskan dana sekitar Rp60-70 juta. Karena renovasi dilakukan oleh warga secara gotong royong, sehingga waktu untuk merenovasi dilakukan satu minggu sekali.

“Dana untuk perbaikan ini berasal dari pendapatan sehari-hari dari masyarakat yang melintasi jembatan tersebut. Setiap melintasi jembatan tersebut dikenakan biaya Rp1.000. Jam penjagaan hanya sampai jam 18.00 WIB, selebihnya warga yang melintas tidak dikenakan tarif,” jelasnya.

Adanya jembatan gantung ini, Agung mengaku sangat membantu masyarakat sekitar, untuk mendapatkan akses cepat ke Kota Magelang. Sebelum adanya jembatan tersebut, warga harus menggunakan rakit sehingga ketika banjir tidak bisa difungsikan.

“Saat belum ada jembatan tersebut warga dusun sini juga harus melewati daerah Plikon, Desa Trasan, Bandongan yang lebih jauh. Jadi, adanya jembatan gantung ini penting untuk membantu perekonomian masyarakat wilayah Mlagen khususnya,” paparnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Gandeng RSU Syubbanul Wathon Tegalrejo, Muslimat NU Magelang Gelar Pengobatan Gratis