Jelang Ramadhan, Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Legi Parakan Masih Stabil

Pasar Legi Parakan Temanggung
CEK. Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Sri Hariyanto melakukan pengecekan harga sembako di Pasar Legi Parakan,

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Harga sejumlah bahan pokok di Pasar Legi Parakan menjelang datangnya bulan Ramadhan ini masih stabil, hanya beberapa jenis bahan pokok saja yang sudah mengalami kenaikan. Namun kenaikan itu masih dalam batas kewajaran.

“Sampai saat ini belum ada kenaikan harga yang sigifikan, semua bahan pokok harganya masih cenderung normal,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Kabupaten Temanggung Sri Hariyanto, Jumat (26/3).

Dari hasil pantauan di Pasar Legi Parakan, hanya beberapa komoditi seperti gula pasir dan minyak goreng mengalami kenaikan harga sebesar dua ribu rupiah. Namun harga tersebut masih normal.

“Minyak goreng yang mengalami kenaikan cukup banyak, tapi kenaikannya masih normal,” jelasnya.

Menurut Sri Hariyanto, kenaikan harga minyak goreng ini karena dipicu keterbatasan bahan bakunya yang berasal dari kelapa sawit, sehingga pasokan dari pabrik terbatas.

Untuk harga gula pasir naik menjadi Rp13.000 dari harga sebelumnya Rp11.000 per kilogram. Sedangkan harga minyak goreng naik menjadi Rp15.000 dari harga sebelumnya Rp13.000 per kilogram.

“Setiap kali menjelang bulan Ramadan kami memang rutin melakukan pengecekan harga-harga di pasar tradisional, dengan tujuan untuk memantau dan mengetahui kebutuhan serta persediaan bahan pokok di pasar,” ujarnya.

Dikatakan, Dinas Perindagkop dan UKM Temanggung akan meningkatkan pemantauan harga dan stok pangan di pasaran. Karena biasanya akan ada lonjakan permintaan barang menjelang puasa maupun lebaran yang bisa menimbulkan gejolak harga di pasaran. Bahkan, Dinas Perindagkop terus memonitor ke daerah-daerah pemasok bahan pangan agar ketersediaan pangan di Temanggung aman hingga lebaran nanti.

“Kita tetap pantau, biasanya suka ada kenaikan. Ini akan kita pantau bersama dengan teman-teman dinas terkait, termasuk Polres dengan tim ketahanan pangannya. Karena yang harus diwaspadai sebenarnya adalah stok pangan, jika stok pangan mencukupi maka harga akan tetap stabil. Jadi kami akan monitoring stok pangan secara ketat,” tegasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  2.500 Siswa Miskin di Temanggung Terima BSM Rp950 Juta

Sementara Siti (38) salah seorang pedagang mengatakan kenaikan harga seperti gula pasir dan minyak goreng itu terjadi dalam sepekan ini. Namun kenaikan harga masih dalam batas normal.

“Saat ini hanya harga gula pasir dan minyak goreng yang naik, minyak goreng curah saja sampai Rp15.000 per kilogram. Sedangkan harga lainnya masih stabil,” tuturnya.

Ia menyebutkan, untuk harga-harga bahan pokok lainnya seperti, terigu, mie, beras dan bahan pokok lainnya masih cenderung stabil, namun biasanya semakin mendekati bulan Ramadan harga akan mengalami kenaikan.

“Semoga saja masih stabil seperti saat ini,” harapnya. (set)