Jelang Puncak Arus Mudik, DPUPR Temanggung Kebut Perbaikan Jalan

Jelang Puncak Arus Mudik, DPUPR Temanggung Kebut Perbaikan Jalan
Para pekerja dari Bina Marga Jateng tengah mengebut pekerjaan perbaikan aspal jalan di ruas jalur Temanggung menuju Parakan via Kedu. Foto: rizal ifan chanaris.

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Guna memberi kenyamanan sekaligus kelancaran arus kendaraan bagi para pemudik yang melintasi ruas-ruas jalan di Kabupaten Temanggung, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terus mengebut proses perbaikan aspal jalan.

Upaya tersebut mereka lakukan agar saat terjadi peningkatan kepadatan arus kendaraan saat puncak mudik Lebaran besok, ruas-ruas jalan tersebut dapat dilalui secara nyaman.

Kabid Bina Marga DPUPR Kabupaten Temanggung, Adi Wibowo mengatakan, pihaknya kini tengah fokus mengebut proses perbaikan aspal jalan dan berupaya dapat diselesaikan secepatnya sebelum terjadi kenaikan volume kendaraan di puncak mudik Lebaran tahun 2022 ini.

“Sejak minggu kemarin kita mengebut proses perbaikan ruas-ruas jalan, khususnya jalur alternatif dengan penambalan lubang-lubang jalan. Harapannya saat puncak arus mudik besok sudah bisa dilintasi demi kelancaran para pengendara. Termasuk jalan nasional penghubung antar kabupaten,” ujarnya, Senin (25/4).

Pihaknya menambahkan, salah satu upaya yang mereka tempuh adalah menggunakan material cepat saji seperti aspal dingin yang mudah diaplikasikan sekaligus proses pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama.

Proses pengerjaannya sendiri dilakukan sejumlah UPT selaku pihak pelaksana swakelola di beberapa titik yang dianggap sebagai jalur perlintasan strategis.

“Jadi prinsip kita adalah perawatan jalan. Namun mengingat kita juga tengah mengejar persiapan arus mudik, jadi ada treathmen khusus agar tidak memakan waktu yang lama,” imbuhnya. (riz)