Jelang Dies Natalis ke-43, Untidar Santuni Anak Yatim dan Peringati Nuzulul Quran

SANTUNAN. Prof Sugiyarto dan Dekan Fakultas Pertanian, Ir Usman Siswanto, MSc PhD memberikan santunan kepada anak yatim.
SANTUNAN. Prof Sugiyarto dan Dekan Fakultas Pertanian, Ir Usman Siswanto, MSc PhD memberikan santunan kepada anak yatim.

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM-Santunan anak yatim dan peringatan nuzulul quran dengan khotmil quran ini merupakan kali kedua dilaksanakan sebagai kegiatan pra Dies Natalis Universitas Tidar. Santunan Anak Yatim dan Peringatan Nuzulul Quran, Senin malam (18/04) di Gedung dr H. Suparsono.

“Sebanyak 20 anak yatim yang tinggal di sekitar kampus Untidar mendapatkan bantuan serta telah dilaksanakan khotmil quran 43 kali sesuai usia Untidar saat ini,” tutur Prof Dr Sugiyarto, MSi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Total donasi dari Dosen dan Tendik Untidar sebanyak Rp 12.802.000 seluruhnya dibagikan secara merata pada anak yatim yang telah dipilih oleh panitia.

Sugiyarto berharap kegiatan ini tetap berlanjut kedepannya walaupun Dies Natalis tidak diselenggarakan menjelang atau saat bulan Ramadan.

“Tahun depan dan seterusnya jangan kendor, tapi khotmil quran ditingkatkan minimal sama dengan usia Untidar sehingga Dies Natalis juga bisa terlaksana berkah dan bermanfaat,” tambahnya.

Santunan diberikan secara langsung oleh Prof Sugiyarto dan Dekan Fakultas Pertanian, Ir Usman Siswanto, MSc PhD. Kegiatan ditutup dengan potong tumpeng sebagai simbolisasi akan mulai dilaksanakannya rangkaian kegiatan Dies Natalis Untidar.

Rangkaian Dies Natalis ke-43 Untidar direncanakan dimulai pada bulan Mei 2022 mendatang. Berbagai kegiatan internal dan eksternal telah dipersiapkan salah satunya kegiatan bakti sosial yang akan dilaksanakan di Kledung Techno Park di Kwadungan, Temanggung salah satu lahan kampus Untidar yang sedang dalam tahap pengembangan.

KH. Muhammad Yusuf Chudlori, pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren Salafi Tegalrejo hadir dan memberikan ceramahnya. Gus Yusuf berpesan santunan anak yatim merupakan amalan yang luar biasa. Terlebih dilakukan pada bulan Ramadhan ini.“Jangan berpikir kita yang jadi penolong, justru kita yang membutuhkan doa mereka untuk mendapat syafaat Allah SWT di hari akhir nanti,” papar

Gus Yusuf menjelaskan Rasulullah pernah bersabda orang yang mencukupi kebutuhan anak yatim akan digandeng olehNya di surga.

“Insya Allah pelaksanaan kegiatan positif ini membawa berkah dan manfaat untuk pelaksanaan Dies Natalis Untidar besok. Untidar semoga semakin jaya yang membawa manfaat khususnya untuk Kota Magelang serta Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dimeriahkan Hadroh dari UKM IQSAN. (hen)