Jangan Terprovokasi Soal Penundaan Ibadah Haji 1442

HOAX. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Muhammad Arif Sholihan, himbau masyarakat jangan mudah terprovokasi informasi hoax penundaan ibadah haji 1442 H tahun 2021.
HOAX. Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Muhammad Arif Sholihan, himbau masyarakat jangan mudah terprovokasi informasi hoax penundaan ibadah haji 1442 H tahun 2021.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Magelang, menghimbau kepada masyarakat, agar jangan mudah terprovokasi dengan berbagai informasi hoax perihal penundaan ibadah haji 1442 H tahun 2021.

Himbauan tersebut digaungkan, mengingat saat ini banyak konten maupun postingan di media sosial yang menyudutkan pemerintah dengan tuduhan-tuduhan yang tidak mendasar dan tidak berdasar fakta yang ada.

“Kami mohon dengan sangat, agar apabila mendapat informasi, disaring dulu sebelum disharing. Ini penting agar kita tidak mudah terprovokasi dengan hal yang tidak benar, terlebih berkaitan dengan penundaan Ibadah haji 1442 hijriyah tahun ini,” ucap Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang, Muhammad Arif Sholihan, Minggu (6/6/2021).

Dalam kesempatan itu Arif juga mengutip surat resmi dari Kedutaan besar Arap Saudi yang dilayangkan kepada DPR-RI beberapa waktu lalu, bahwa alasan penundaan ibadah haji ini bukanlah dikarenakan Indonesia yang tidak mendapat kuota haji, namun murni karena pertimbangan kesehatan jamaah.

“Surat resminya ada, yang tanda tangan juga pak Dubes langsung, maka clear. Ini bukan karena kita tidak dapat kuota, namun murni karena masih pandemi,” tegas Arif Sholihan.

Menurut Arif, keputusan pemerintah ini didasari pertimbangan agama yakni menjaga keselamatan jamaah di masa pandemi global bahkan ada mutasi varian baru covid 19, merupakan sesuatu yang tidak bisa ditunda, tetapi beribadah dalam keadaan darurat bisa ditunda.

“Yang tidak percaya covid silahkan. Namun, mari kita lihat di sekeliling kita, ada yang terpapar kok. Bahkan yang sampai meninggal juga ada. Maka menurut kami, keputusan pemerintah ini sudah benar, karena apapun itu, keselamatan masyarakat tentu diatas segalanya,” terang Arif.

Selanjutnya PC GP Ansor meminta Masyarakat umum dan Kader Ansor khususnya, agar membantu mencerdaskan dan memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  Ke Magelang Belum Lengkap Jika Belum ke Kaliwot, Dapatkan Pengalaman Langka di Sini

“Tugas kita memberikan pencerahan kepada masyarakat, jangan terpengaruh dengan berita – berita hoax yang menimbulkan kegaduhan, yang sengaja dibuat oleh orang yang mau melihat kita terpecah,” tandasnya.

PC GP Ansor Kabupaten Magelag juga mengajak masyarakat, untuk megambil hikmah dari situasi yang ada, seraya berdoa semoga pandemi segera berakhir dan kegiatan Ibadah haji bisa terlaksana kembali.

“Kita berdoa, semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan pahala yang berlimpah atas kesabaran dan ketabahan kita untuk menerima berbagai macam ujian dan cobaan,” pungkas Arif. (cha)