Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan

Jamin Ketersediaan Bahan Pangan Pokok, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan
Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Muspida Kota Bekasi dan Mitra Petani menyelenggarakan Pasar Tani Ramadan di Alun-alun Kota Bekasi untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

MAGELANGEKSPRES.COM, BEKASI – Kementerian Pertanian (Kementan) bekerjasama dengan Muspida Kota Bekasi dan Mitra Petani menyelenggarakan Pasar Tani Ramadan di Alun-alun Kota Bekasi untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Pasar Tani Ramadan yang menjual 12 kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau itu sebagai wujud jaminan dari Kementerian Pertanian (Kementan) bahwa bahan pangan pokok di Kota Bekasi aman. Kementan mengimbau masyarakat tak perlu panik dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menuturkan, kebutuhan pangan pokok rakyat tak boleh terganggu oleh apapun. Itu sebabnya, ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan memastikan ketersediaan bahan pangan pokok untuk kebutuhan masyarakat.

“Pangan itu merupakan kebutuhan mendasar masyarakat yang menjadi salah satu tujuan pembanguan nasional kita. Tentu saja ketersediaannya harus dijamin. Oleh karenanya, saya minta seluruh jajaran saya turun ke lapangan, ke pasar-pasar dan lain sebagainya untuk memastikan hal itu,” kata Mentan SYL.

Menindaklanjuti imbauan Mentan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan bahwa pada Sabtu dan Minggu tiap pekannya seluruh jajarannya turun ke lapangan untuk memastikan ketersediaan 12 bahan pangan pokok tersebut.

“Jadi, setiap Sabtu dan Minggu kami monitoring untuk memastikan ketersediaan bahan pangan, utamanya 12 bahan pangan pokok. Hasilnya, ketersediaan 12 bahan pangan pokok aman,” kata Dedi usai membuka Pasar Tani Ramadan, Rabu (27/4/2022).

Diakuinya, beberapa waktu lalu sempat terjadi ketersendatan pasokan minyak goreng, utamya minyak goreng jenis curah. “Tapi sekarang sudah berlimpah, utamanya minyak goreng kemasan. Memang ada kenaikan, tapi kemarin Bapak Presiden sudah mengeluarkan Perpres untuk tidak diekspor. Jadi ketersediaannya saat ini berlimpah,” ujar Dedi.

Oleh karenanya, Dedi meminta masyarakat tak perlu khawatir mengenai ketersediaan 12 bahan pangan pokok di pasaran. “Saya imbau masyarakat tidak perlu khawatir, tidak perlu ada panic buying, tak perlu antre, karena ketersediaan bahan pangan pokok kita banyak. Sekali lagi kami memastikan bahwa pangan di Kota Bekasi aman,” kata Dedi.

Dedi ingin memastikan bahwa masyarakat dapat dengan tenang dalam menyambut Idul Fitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi saja. “Jaga ketenangan. Untuk menyambut Idul Fitri kami ingin masyarakat kondisinya nyaman. Maka, kami memastikan dan menjamin bahwa ketersediaan 12 bahan pangan pokok itu aman,” tegas Dedi.

Hadir pada kesempatan itu Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto yang diwakili Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki, Direktur Pengembangan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan YoMa) Bambang Sudarmanto, Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Yusral Tahir, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi Herbert S Panjaitan, Camat Bekasi Selatan, Ashari dan sejumlah tamu undangan lainnya.(*)