Jalur Top Selfi – Ketep Pass Longsor

Jalur Top Selfi – Ketep Pass Longsor
EVAKUASI. Petugas evakuasi pohon tumbang dan tanah longsor yang tumbang di jalur obyek wisata Top Selfie dan Ketep Pass.

PAKIS – Hujan deras disertai angin kencang akibatkan tanah longsor di kawasan hutan pinus di Lekoan Pogalan Pakis, Sabtu (26/1).

Kejadian tersebut akibatkan beberapa pohon pinus tumbang dan menutup akses jalan dari Kaponan Kecamatan Pakis menuju Kecamatan Sawangan tertutup sementara.

Warga Dusun Gerdu Desa Pogalan Edi Wiyono (37) mengatakan, kejadian dimulai ketika hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang di sekitar area obyek wisata Top Selfi. Dampaknya, pohon pinus yang berada jalan akses masuk area wisata itu.

“Pohon pinus yang tumbang ada tiga buah yang berdiameter kurang lebih 40 cm dengan tinggi 17 meter berikut beberapa pohon bambu juga ikut tumbang di batas Dusun Gerotan Desa Ketundan Kecamatan Pakis. Adapun jalur ini merupakan aset jalan alternatif kawasan wisata Top Selfi dan Ketep Pass,” ungkap Edy.

Polsek Pakis Polres Magelang Polda Jateng bersama tim cepat BPBD Kabupaten Magelang dan relawan serta warga masyarakat sekita langsung melakukan evakuasi pohon dan membersihkan longsoran tanah tersebut sehingga dengan cepat akses jalan bisa dilalui.

“Meskipun bisa dilalui namun bagi pengguna jalan untuk selalu waspada adanya longsoran susulan mengingat tanah di sekitar ini sangat labil dan mudah sekali longsor. Akibat bencana ini tidak ada korban jiwa hanya akses jalan sempat ditutup sementara guna percepatan pembersihan material tanah yang longsor dan evakuasi pohon tumbang,” terang Kapolsek Pakis AKP Sukirman SH.(cha)