Jalur Borobudur – Kulonprogo Sempat Tertutup Longsor

Jalur Borobudur - Kulonprogo Sempat Tertutup Longsor
LONGSOR. Jalur alternatif Borobudur - Kulonprogo tertutup material longsor, petugas berhasil membersihkan longsoran pada Jumat (25/1) sore.

BOROBUDUR – Akses jalan jalur alternatif Borobudur – Kalibawang Kulonprogo Jogjakarta tertutup material tanah longsor, Kamis (24/1) sekitar pukul 19.00 WIB.

Hal tersebut diduga diakibatkan hujan yang turun dengan intensitas deras dari pukul 14.00 WIB siang harinya hingga malam saat longsor terjadi.

Untuk titik longsor masuk wilayah Dusun Sambeng 2 Desa Sambeng Kecamatan Borobudur.

“Material longsor tersebut namun juga menutup akses jalan menuju Dusun Kedungan Desa Sambeng Kecamatan Borobudur,” ucap Kepala BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Material longsoran dengan ketebalan longsoran hingga dua meter dan panjang lima meter berasal dari ladang pertanian Ketela dan jagung pada tebing dengan di ketinggian 15 meter di sisi jalan alternatif tersebut.

Dengan menggunakan alat berat serta dengan cara manual puluhan warga dibantu relawan bencana, BPBD Kab Magelang, TNI-Polri membersihkan material longsoran.

Saat pembersihan material longsor, jalur. lalulintas dialihkan, bagi kendaraan yang akan menuju Kulonprogo melalui jalur Mendut – Srowol – Sriwedari dan sebaliknya.

“Kami berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemdes, TNI-Polri dan relawan untuk membantu warga dalam membersihkan material tersebut. Dan akhirnya jalan kembali bisa dilalui,” ungkap Edy. (cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi