Jalan Magelang-Kaliangkrik Bakal Mulus

DRAINASE. Pembangunan jalan Kaliangkrik - Bandongan diawali dengan saluran drainase, agar air tidak meluap ke jalan dan menjadi keluhan masyarakat.

MAGELANGEKSPRES.COM,BANDONGAN – Pembangunan jalan Magelang-Kaliangkrik sudah dimulai. Proyek itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas jalan utama kedua kecamatan tersebut.

“Perbaikan dimulai hari ini (kemarin, red), titik kegiatannya masih di seputar Balai Desa Trasan. Dimulai dititik titik yang tidak menimbulkan potensi kemacetan antisipasi lebaran. Pascalebaran pembangunan baru dimaksimalkan. Saat ini baru fokus drainase dulu,” ucap Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Magelang, Edi Gunawan, Senin (29/3/2021).

Edi menerangkan, pendampingan warga juga perlu, meminimalisir dampak negatif, potensi banjir pascaperbaikan, agar nilai manfaatnya bisa maksimal.

“Dikarenakan Dusun Plikon RT 1 kemarin waktu hujan deras sempat banjir,  kalau drainase jalan nanti dibuat air limpahan jalan nanti akan masuk drainase, menambah debit air yg masuk ke RT 1. Tapi kemarin pihak Bina Marga sudah sepakat untuk mengantisipasi dengan membagi air kesaluran lain biar RT 1 tidak kebanjiran,” terang Edi

Untuk  waktu pelaksanaan peningkatan jalan tersebut akan berlangsung selama 240 hari. Dan dimulai dari tanggal 01 Maret sampai 26 Oktober 2021.

Baca Juga
Hari Jadi ke-1.115 Tanpa Grebeg Getuk

Sementara untuk  sumber dana berasal dari DAK ( Dana Alokasi khusus ) dengan nilai pagu Rp28.500.000.000  dan nilai kontrak Rp26.770.916.000. Anggaran tersebut dengan target Pelabaran ruas jalan dari 4 meter menjadi 7 meter sepanjang 6,4 Km.

Sebelumnya, Kepala PU Bina Marga Propinsi Jawa Tengah, diwakili Ir Barkah Widiharsono MT,  menyampaikan, terkait dengan peningkatan jalan tersebut akan dilakukan berjenjang.

“Nanti juga akan dibantu dari pengamat jalan. Dan untuk pekerjaan rencana mulai 1 Maret sampai 26 Oktober 2021. Kita mendapat bantuan DAK pusat yang cukup besar kurang lebih Rp  28,5 Miliar.

Dan bantuan anggaran tersebut, diharapakan  nantinya akan bisa cepat dalam pengerjaan ruas jalan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :  Limbah Tahu Mampu Diolah Jadi Biogas di Tidar Campur

“Jadi untuk Paket pembangunan ruas jalan Magelang – Kaliangkrik ini dapat berjalan cepat dan kondusif,” paparnya.

Plt Camat Bandongan Daryono Umar Singgih mengatakan, pihaknya sangat menyambut kabar bahagia ini. Tentunya  terkait dengan rencana pembangunan ruas jalan wilayah Bandongan.

“Saat musim hujan ini, menimbulkan banyak keluhan masyarakat melalui sosial media terkait kondisi jalan tersebut. Dan informasi tersebut sampai ke anggota DPRD dan pada saat ini kita merasa bahagia bahwa dari anggota DPRD Jateng serta instansi terkait akan memberikan. pencerahan terkait dengan pembangunan ruas jalan Magelang Bandongan Kaliangkrik,” tuturnya.

Sementara, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Susilo menambahkan, masyarakat sangat membutuhkan jalan yang ideal.

“Intinya masyarakat butuh jalan bagus, tidak banjir dan saluran irigasi lancar. Itu terpenting,” terang Eko, yang merupakan warga asli Bandongan.

Eko menambahkan, pelaksanaan pekerjaan jalan ini sebenarnya sudah sejak tahun 2020 lalu dengan anggaran Rp 5 Miliar. Namun, karena anggaran terkena refocusing akibat covid-19 maka baru bisa dilaksanakan saat ini.

“Tahun ini dapat DAK sebesar Rp 28 Miliar jadi bisa terlaksana,” imbuh Eko.(cha)