Jaga Ketersediaan Darah Selama Ramadan, 7 Komunitas di Temanggung ini Siap Donor Darah

Petugas PMI Temanggung saat tengah mengambil darah dalam sebuah acara donor oleh komunitas vihara
Petugas PMI Temanggung saat tengah mengambil darah dalam sebuah acara donor oleh komunitas vihara. (Foto: rizal ifan chanaris.)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM – Sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan stok darah selama bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung mengaku mengandalkan pasokan dan pos darah dari Komunitas Gereja dan Vihara.

Pasalnya, berdasar pengalaman selama Ramadan di tahun-tahun sebelumnya, kedua komunitas non muslim tersebut mampu membantu menopang PMI dalam memastikan keamanan persediaan darah apabila dibutuhkan sewaktu-waktu.

Menurut Kepala Seksi Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Temanggung, Awada kebanyakan mereka yang mendonorkan darah di bulan ramadhan banyak datang dari kalangan maupun komunitas non muslim.

Melihat hal ini, PMI menyebut bahwa aksi sosial kemanusiaan tersebut menjadi bagian paling penting dalam menjaga sekaligus mewujudkan sikap toleransi.

“Ini contoh nyata sikap toleransi antar umat beragama yang terbina di Kabupaten Temanggung. Salah satunya ya dalam hal donor darah. Atas nama kemanusiaan mereka saling mengisi,” ujarnya, Kamis (7/4).

Lebih jauh ia mengungkapkan, pada  Ramadhan ini setidaknya terdapat tujuh komunitas yang terjadwal menggelar donor darah di beberapa titik lokasi. Rencana dilakukan di vihara, gereja dan RS Ngestiwaluyo Parakan. Sedangkan sejumlah komunitas lain masih menunggu konfirmasi.

“Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Temanggung memastikan stok darah di bulan Ramadhan 2022 dalam keadaan aman. Meski begitu PMI terus mengusahakan untuk menambah untuk mempertebal kesetersediaan seandainya ada kejadian darurat.

Meski sebenarnya menjelang ramadhan, PMI telah mengusahakan untuk mengamankan stok kantong darah dengan menggelar sejumlah donor darah massal di pos darah,” bebernya.
Salah seorang Staf UDD PMI Kabupaten Temanggung, Anjar menambahkan untuk ketersediaan darah golongan terbaru adalah golongan darah A total sebanyak 36 kantong, golongan darah B sejumlah 39 kantong, golongan darah O sebanyak 108 kanyong, dan golongan darah AB sebanyak 21 kantong.

“Untuk Trombosite Concentrate (TC) golongan darah B dan AB kosong, tetapi akan dipenuhi bila ada permintaan sebab masa kadaluarsanya hanya 5 hari. Ada sejumlah kantong darah yang belum diproses. PMI biasanya memproses sesuai dengan permintaan dari pasien atau rumah sakit, khususnya untuk TC,” pungkasnya. (riz)