Jadwal Pelantikan Bupati Mundur, Sekda Wonosobo Ditunjuk Sebagai Plh Bupati

ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo HW

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Masa jabatan Bupati Wonosobo Eko Purnomo dan Wakil Bupati Agus Subagiyo akan berakhir pada 17 februari 2021. Namun pelantikan bupati dan cabup terpilih baru akan digelar pada 26 Februari 2021. Untuk mengisi kekosongan tersebut maka Kemendagri meminta gubernur untuk menunjuk pelaksana tugas harian (Plh) bupati.

“Dalam suratnya dari gubernur sudah menunjuk sekda sebagai Plh. Ini untuk mengisi kekosongan selama beberapa hari hingga pelantikan tanggal 26 Februari 2021,” ungkap Ketua DPRD Wonosobo, Eko Prasetyo HW kemarin.

Menurutnya, pelantikan akan dilakukan di pendopo bupati tanggal 26 Februari 2021 dan dihadiri 25 orang saja. Pihaknya menyesalkan keputusan dari pusat, sebab mestinya menghindari status quo, tapi alasan administrasi, pihaknya menyadari.

“Karena pelantikan tidak sesuai jadwal, nanti prosesnya menjadi Panjang. Besok akan diserahkan penyerahan memori jabatan dari Bupati Eko Purnomo diserahkan kepada pelaksana harian bupati yaitu Sekda One Andang Wardoyo. Ini dilakukan untuk mencegah kekosongan jabatan,” ucapnya.

Eko menambahkan posisi sekda sebagai Plh hanya akan berlangsung selama sekitar 9 hari, dan tidak bisa membuat keputusan strategis. Jika keputusan sangat mendesak harus meminta izin terlebih dahulu kepada Kemendagri.

“Jadi kalau pelantikan tanggal 26 Februari 2021 itu, hanya sekitar 9 hari saja. Itupun tidak bisa membuat keputusan strategis karena hanya sebagai Plh,” katanya.

Pihaknya berharap proses penyerahan dari bupati ke Plh bisa berjalan dengan baik, begitu juga proses pelantikan bupati dan wabup terpilih pilkada 2020, Afif Nurhidayat-Muhammad Albar, bisa berjalan khidmat meski digelar secara virtual.

“Ya kita semua berharap semua proses bisa berjalan dengan baik, dan untuk persiapan pelantikan kita sudah tunjuk tim untuk mengurus segala kebutuhannya,” ujar Eko.

Artikel Menarik Lainnya :  Hendak Pesta Narkoba di Kebun Teh, Dua Pemuda asal Temanggung Ditangkap Polisi

Sementara itu, Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo saat di konfirmasi membenarkan bahwa SK sebagai Plh sudah turun dari Provinsi Jateng. Proses penyerahan memori jabatan akan dilakukan 17 Februari 2021.

“Ya sudah saya terima SK nya, besok penyerahan memori jabatan dari bupati ,”ucapnya. (gus)