Iwan Sutiarso Dilantik Jadi Asisten Sekda, ‘Bodrek’ Jadi Direktur Ketep Pass

PELANTIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam proses pelantikan, Iwan Sutiarso Menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan.
PELANTIKAN. Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam proses pelantikan, Iwan Sutiarso Menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Iwan Sutiarso dilantik Bupati Magelang Zaenal Arifin sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Magelang. Prosesi pelantikan dilakukan di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (13/8/2020).

Sebelumnya Iwan Sutiarso menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Kadisparpora) dan sebagai Plt Asisten Pemerintahan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengatakan, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diselenggarakan sebagai pelaksanaan amanat Pasal 135 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS.

Untuk melakukan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama Asisten Perekonomian dan Pembangunan tersebut telah melalui proses panjang, sebagaimana diatur dalam Pasal 131 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

“Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada. Dengan mekanisme tersebut, proses pengangkatan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Magelang secara yuridis telah memenuhi norma perundang-undangan yang berlaku, terpilih pejabat yang berkualitas, kompeten, berkinerja baik, dan memiliki tanggung jawab terhadap tugas jabatannya ,” ucap Zaenal.

Zaenal berpesan kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan terkait Peraturan Bupati Magelang Nomor 1 Tahun 2020 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja sekretariat daerah Kabupaten Magelang bahwa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas membantu melaksanakan tugas Sekretaris Daerah dalam menyusun kebijakan, pembinaan, dan fasilitasi, pelayanan administrasi serta pengendalian pelaksanaan tugas perangkat daerah di bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Administrasi Pembangunan, dan Pengadaan Barang dan Jasa.

Baca Juga
24.804 Siswa Kota Magelang Bakal Dapat Kuota Internet, Disdikbud Usulkan Anggaran Rp1,48 M

Sementara, Bupati Kabupaten Magelang, Zaenal Arifin, juga melantik Mul Budi Santoso, menjadi Direktur Ketep Pass. Dirinya menggantikan Iwan Sutiarso, yang sebelumnya menjadi Plt Direktur Ketep Pass setelah Subagyo, direktur sebelumnya meninggal karena sakit.

Artikel Menarik Lainnya :  Sadarkan Masyarakat Pakai Masker, Polisi Bawa Gatot Kaca

Mul Budi Santoso atau yang akrab dipanggil ‘Bodrek’, mantan anggota DPRD Kabupaten Magelang 2009 – 2014 dan 2014 – 2019 dari Fraksi PDI Perjuangan, dilantik menjadi Direktur Ketep Pass.

Diketahui, usai tidak maju dalam Pemilihan Legislatif 2019, Bodrek menggarap dunia pariwisata di tanah kelahirannya, di Kecamatan Ngablak. Dengan mengembangkan sejumlah destinasi. Salah satunya yang kini menjadi viral adalah, wisata Gunung Telomoyo. Dimulai hanya dari puluhan kini sudah ratusan ribu wisata per bulan. Bahkan beberapa wisatawan mancanegara, mulai mengunjungi Telomoyo.(cha)