IPPNU Purworejo Siap Cetak Kader Wirausahawan Muda

IPPNU Kabupaten Purworejo
PELATIHAN. Kader PC IPPNU Purworejo saat mengikuti kegiatan pelatihan membuat hantaran mahar.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPPNU) Kabupaten Purworejo berkomitmen untuk mencetak wirausahawan muda. Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar pelatihan kewirausahawan dengan tema Kreatifitas Pelajar Putri Mencetak Perempuan Mandiri dan Berdikari, kemarin di Gedung KNPI Purworejo.

Ketua PC IPPNU, Ririn Yunitasari SE mengatakan bahwa meski masih dalam masa pandemi, namun kegiatan organisasi harus tetap berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. “Kami mengundang perwakilan kader dari 16 Pimpinan Anak Cabang di Purworejo,” katanya saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Dikatakannya, dalam pelatihan tersebut pihaknya menghadirkan dua orang narasumber praktisi wirausaha sukses di Purworejo yakni Widi Pramono pimpinan Mediatech yang bergerak dalam bidang teknologi informasi serta Puji Astuti owner Auroya Craft yang juga mantan Ketua PC IPPNU Purworejo.

Dalam paparannya, Widi Pramono memaparkan tentang motivasi menjadi pengusaha sukses. Menurutnya, kunci sukses usaha dalam bidang apapun adalah bagaimana membangun kepercayaan. “Modal paling penting itu bukan uang, tapi kepercayaan. Maka kejujuran menjadi sesuatu hal yang harus dilakukan agar kepercayaan terus tumbuh,” katanya.

Selain itu mental juga harus diasah agar menjadi pengusaha tangguh. Proses membangun usaha, pasti ada tahapan jatuh dan bangun.

Baca juga
1.139 Bidang Tanah Terdampak Bendungan Bener Segera Dibayar, Ratusan Bidang Lain Tunggu Kepastian

Sementara itu, Puji Astuti selain memberikan motivasi bisnis dan berorganisasi juga memandu praktik pembuatan mahar pernikahan. Dikatakannya, jika ditekuni usaha jasa tersebut akan dapat membantu menambah penghasilan. “Selain proses pembuatannya mudah, peluang pasarnya juga terbuka lebar. Terlebih dengan berorganisasi jaringan pemasarannya juga semakin luas,” katanya.

Selain itu, Puji juga menekankan pentingnya kemandirian ekonomi perempuan. “Tentunya upaya tersebut harus dimulai sejak usia muda,” tandasnya. (luk)

Artikel Menarik Lainnya :  Universitas Muhammadiyah Purworejo Kembangkan Media Pembelajaran Smart Learning Torso