Insiden Kebakaran di Purworejo Hanguskan Pabrik Tekstil PT Unggulrejo

Kerugian Ditaksir Capai Puluhan Juta Rupiah

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM – Insiden kebakaran menghanguskan pabrik tekstil PT Unggulrejo Wasono yang terletak Jalan Raya Purworejo-Kutoarjo Km 4 Kecamatan Bayuurip Kabupaten Purworejo.  Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut, tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kasi Pemadaman, Penyelamatan, dan Investigasi Kantor Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo, Rubino, menyebut kebakaran terjadi pada Senin (7/2) sekitar pukul 16.50 WIB.  Saat itu, karyawan sedang bekerja.

Percikan api kali pertama diketahui oleh Paiman, seorang karyawan pabrik yang sedang memperhatikan mesin kanji Karlmayer.

“Saksi, yaitu Paiman karyawan pabrik melihat api berasal dari mesin kanji Karlmayer kemudian melapor kepada satpam,” sebutnya.

Rubino menjelaskan, setelah mendapat laporan itu, satpam pabrik mencoba melakukan pemadaman menggunakan beberapa APAR. Namun, api masih menyala lalu langsung menghubungi Mako Damkar.  Tak lama berselang setelah mendapat laporan itu, regu Damkar langsung menuju lokasi dan tiba pada pukul 17.11 WIB di pabrik milik Martin yang terbakar.

“Setibanya di lokasi anggota Damkar langsung melakukan pemadaman, karena cepat melakukan penanganan awal dan langsung menghubungi Damkar maka kobaran api tidak menjalar ke lokasi lain,” jelasnya.

Sebanyak 3 unit armada Damkar Kabupaten Purworejo dikerahkan dalam menangani kasus kebakaran pabrik tekstil yang mempunyai ribuan karyawan iitu. Setelah terkondisikan dan memastikan api tidak menyala lagi, situasi dinyatakan aman kemudian anggota damkar melakukan pengecekan peralatan selanjutnya regu Damkar kembali ke Mako.

“Pemadaman dibantu oleh PMI Purworejo, Relawan dan karyawan pabrik,” katanya. (top)