Inilah Pesan Bupati Temanggung saat Menyerahkan SK 884 CPNS di Alun-alun

Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat menyerahkan SK CPNS di Alun-alun Temanggung Selasa (Selasa 29/3).(Foto: rizal ifan chanaris.)
Bupati Temanggung HM Al Khadziq saat menyerahkan SK CPNS di Alun-alun Temanggung Selasa (Selasa 29/3).(Foto: rizal ifan chanaris.)

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM Sedikitnya 884 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Temanggung secara resmi menerima SK sebagai pegawai pemerintah. Sebagai bentuk apresiasi, proses penyerahan digelar dalam balutan Apel Luar Biasa di Alun-alun Temanggung, Selasa (29/3) dan dipimpin langsung oleh Bupati HM Al Khadziq.

Guna menyambut tugas mereka sebagai abdi negara baru, di tengah acara pemerintah memberikan surprise dengan semprotan air dari pemadam kebarakan.

“Selamat atas diterimanya SK bagi para abdi negara baru ini dan berpesan ASN harus memegang teguh nilai dasar Kemenpan RB, yakni berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif.

ASN zaman now harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta memiliki loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara. Kalian akan menjadi motor kemajuan Kabupaten Temanggung di masa mendatang. Haraoan kami, daerah ini kelak akan menjadi kabupaten yang maju jika memiliki birokrasi yang tangguh dan mau bekerja keras, berani melakukan inovasi,” bebernya.

CPNS yang menerima SK sendiri terdiri dari 857 orang CPNS formasi tahun 2021, kemudian 25 orang CPNS lulusan STAN, dan 2 orang CPNS lulusan STTD Perhubungan Darat.

Lanjut Khadziq, proses seleksi CPNS tahun 2021 merupakan rekor bagi Pemerintah Kabupaten Temanggung dengan jumlah formasi terbesar sepanjang sejarah kabupaten ini. Yak i terdapat total 3.029 formasi terdiri 945 formasi CPNS dan 2.084 formasi PPPK guru.

Atau total terdapat 10.059 pendaftar dan setelah melalui tahapan seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, seleksi kompetensi bidang akhirnya lolos 857 CPNS.

Sementara itu, untuk perkembangan PPPK guru tahap 1 tahap 2 masih dalam tahap verifikasi dokumen di Kanreg 1 BKN Yogyakarta.

“Untuk pertama kalinya Pemkab Temanggung mendapat formasi CPNS lulusan dari Politeknik Keuangan Negara (STAN) sebanyak 25 orang dan tahun kedua menerima CPNS lulusan STTD,” lanjutnya.

Bupati berharap pegawai baru ini bisa menjadi simpul pemersatu bangsa, pembela Pancasila yang aktif dengan mengamankan NKRI, serta menjadi birokrat berintegritas, dinamis, bebas dari korupsi. Selain itu bisa melayani masyarakat dan membawa kemajuan bagi Kabupaten Temanggung, serta bangsa Indonesia.

“Saya minta berikan contoh kinerja yang baik, kepemimpinan bijak, serta etos kerja tinggi. Serta rekan-rekan CPNS bisa saling bahu membahu menggerakkan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Temanggung,” pungkasnya. (riz)