Ini Waktu Perbaikan Jalan Provinsi yang ada di Wilayah Wonosobo

RUSAK. Ruas jalan provinsi di Kecamatan Sapuran dan Kepil yang rusak parah, akan dilakukan perbaikan setelah curah hujan rendah.
RUSAK. Ruas jalan provinsi di Kecamatan Sapuran dan Kepil yang rusak parah, akan dilakukan perbaikan setelah curah hujan rendah.

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM – Ruas jalan provnsi dan kabupaten di wilayah Kabupaten Wonosobo banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Hal tersebut menjadi salah satu tema dalam malam refelkesi 306 hari kepemimpinan Afif – Albar, yang digelar pada malam pergantian tahun.

“Infrastruktur jalan yang bagus menjadi dambaan masyarakat Wonosobo. Upaya percepatan itu kita jawab dengan alokasi anggaran pada tahun 2021, namun masih belum cukup dan akan kita teruskan pada tahun 2022,” ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Menurutnya, keluhan masyarakat soal jalan tidak hanya jalan kabupaten, namun yang banyak justru jalan provinsi, ruas Sapuran Kalikajar. Jalan tersebut diakui memang sangat rusak, bahkan lubang jalan sudah merembet dihampir sepanjang badan jalan.

“Yang paling dikeluhkan oleh masyarakat, justru jalan provinsi. Itu bukan kewenangan kita, tapi kita respon dan sikapi, dengan melakukan koodinasi bersama pemprov,” katanya.

Dari hasil koodinasi yang dilakukan, jalan tersebut akan dilakukan perbaikan pada tahun 2022, alasan utamanya lantaran jika tetap dibangun saat ini akan rentan dengan kerusakan karena curah hujan di Kabupaten Wonosobo sedang dalam posisi puncak.

“Jadi dari hasil koodinasi kita dengan provinsi, mereka akan membangun jalan itu setelah curah hujan menurun, tahun 2022,” tandasnya.

Uji coba perbaikan jalan yang dilakukan di ruas Kalikajar Sapuran pernah dilakukan oleh pihak provinsi, namun baru saja selesai, jalan kembali rusak parah setelah diterpa hujan selama lebih dari 4 jam.

“Mereka punya alasan kuat, kenapa belum membangun kembali jalan yang rusak saat ini, karena hujan deras, dan pernah di coba, beberapa meter perbaikan, dan tidak kuat, kembali rusak,” bebernya.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya meminta masyarakat untuk menunggu perbaikan dari pemerintah provinsi, yang dipastikan tidak lama lagi akan dilaksanakan. Sedangkan untuk perbaikan jalan kabupaten akan dilakukan akselerasi atau percepatan pada tahun 2022.

Artikel Menarik Lainnya :  Gerai Pelayanan Publik 10 OPD di Wonoosbo Resmi Dibuka

“Sesuai dengan aspirasi dari masyarakat, serta menjadi komitmen kami terhadap program unggulan Wonosobo, tahun 2022 akan kita maksimalkan pembangunan infrastruktur jalan, kita minta dukungan dari berbagai pihak, tahun depan lebih baik lagi,” pungkasnya. (gus)