Ingatkan Kehadiran Bulan Ramadan

    Ingatkan Kehadiran Bulan Ramadan
    TARHIB RAMANDAN. Para siswa antusias menyambut bulan Ramadan denga berjalan kaki membentangkan spanduk, (5/5) kemarin.

    //Ribuan Siswa Pawai Keliling Kota//

    MAGELANG TENGAH-Ribuan peserta dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan organisasi seperti HIMPAUDI, IGTKI, IGRA, AGPAI, BAZNAS serta organisasi penyelenggara pendidikan Islam Muhammadiyah, Ihsanul Fikri, Ma’arif, Al-Iman dan lainnya mengikuti Tarhib Ramadan di alun-alun Kota Magelang, (5/5) kemarin. Acara yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang tersebut dimotori Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI).

    Peserta berjalan kaki dengan membawa simbul-simbul Islam serta slogan-slogan yang mengingatkan akan segera hadir bulan Ramadan. “Kami memperkirakan tahun ini peserta berjumlah 12.000 orang,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Taufiq Nurbakin.

    Menurutnya, acara Tarhib Ramadan diadakan untuk menggemakan akan segera hadirnya bulan suci Ramadan, bulan yang penuh berkah dan maghfiroh, mensyiarkan agama Islam, mewujudkan visi Kota Magelang sebagai Kota jasa yang religius. Kegiatan ini menyatukan persepsi berbagai kelompok organisasi yang akan menyambut kedatangan bulan suci sekaligus sebagai media silaturahmi antar peserta dan peserta didik dari berbagai kelompok dan jenjang pendidikan, ajang kreasi dan ekspresi dan pengenalan budaya islam. “Dengan pawai tarhib seperti ini diharapakan dapat mengintakan dan menggugah spirit Ramadan di kalangan umat islam untuk dapat memeprsiapkan diri secara fisik dan mental spiritual dalam melaksanakan puasa di bulan Ramadan ini,” terang dia.

    Peserta berkumpul di alun-alun Kota Magelang kemudian bergerak melalui dua jalur selatan yaitu Muhammadiyah, Ma’arif, Al-Iman dan semua lembaga sebelah selatan alun –alun start dari alun-alun timur ke arah Jalan Pemuda, Jalan Tidar, berakhir di kampus UMM. Jalur kedua utara Ihsanul Fikri semua lembaga sebelah utara alun – alun start dari alun-alun timur belok kanan arah Jalan Pahlawan menuju Kampus Ihsanul Fikri.

    Artikel Menarik Lainnya :  Melongok Gerak Kereta Api Menerobos Pandemi

    Kepala SD Mutual Mustaqim mengungkapkan bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat dinanti kehadirannya oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Kembali berjumpa dengan Ramadhan menambah motivasi hidup untuk terus bermanfaat dalam tiap lini kehidupan. “Ribuan siswa SD Mutual Kota Magelang tumpah ruah bersama orang tua siswa ikut menyemarakkan acara Tarhib Ramadhan. Aneka poster wujud kebahagiaan datangnya Ramadan sangat variatif. _We Love Ramadan, Ramadan datang hatiku senang, Ayo Puasa_ dan banyak lagi ajakan-ajakan dari siswa SD Mutual kepada masyarakat,” ujarnya.

    Tarhib Ramadan berlangsung sangat meriah. Diawali dengan lantunan ayat suci Alquran, kemudian dilanjutkan dengan pawai arak-arak kelling kota.”Kegiatan Tarhib Ramadan ini merupakan salah satu bentuk syiar Islam serta penanaman pendidikan karakter siswa yang terus digalakkan oleh SD Mutual,” tandasnya. (hen)