Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan

Implementasi Link & (Super) Match SMK Pusat Keunggulan
MEMAPARKAN. Mila Yustiana SPd MMPar (Plt Kepala SMK Negeri 3 Magelang) sedang memaparkan materi.

SMK Negeri 3 Magelang

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – SMK Negeri 3 Magelang kembali menyelenggarakan kegiatan workshop yang bertajuk Implementasi Link & Matck SMK Pusat Keunggulan (PK) SMK Negeri 3 Magelang pada Kamis, 16 September 2021 di aula sekolah setempat.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19, acara dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) via zoom meeting dan luring (luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua peserta dan narasumber mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, dan lain-lain.

Acara dimulai pukul 08.00 wib dengan berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh Sutji Sadarini, SPd selaku pembawa acara.

Mila Yustiana SPd MMPar selaku Plt Kepala SMK Negeri 3 Magelang menyampaikan, bahwa  SMK Negeri 3 Magelang memiliki keunggulan sebagai sekolah pariwisata negeri yang terletak di lingkaran satu dari pusat destinasi wisata Internasional Candi Borobudur Magelang, sehingga harus mempersiapkan diri  untuk mengikuti perkembangan pariwisata. Kelima program keahlian yang dimiliki yakni Perhotelan, Kuliner, Kecantikan dan Spa, Broadcasting dan Perfilman, dan Busana sangat menunjang kegiatan pariwisata mulai dari akomodasi perhotelan, fashion, beauty spa, kuliner dan dirangkai oleh broadcasting dan perfilman.

“Kelima program keahlian  merupakan satu kesatuan yang didukung oleh  DUDIKA dan Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY) sebagai mitra sekolah untuk membuat sekolah ini lebih maju lagi,” ujar Milla.

Kegiatan selanjutnya paparan dari narasumber. Peran DUDIKA pada pengembangan SMK disampaikaan oleh Mila Yustiana. DUDIKA memiliki beberapa peran dalam pengembangan SMK PK di antaranya (1) tempat praktik industri/ praktik siswa, (2) tempat magang guru, (3) tempat belajar manajemen industri dan wawasan dunia kerja, dan (4) tempat implementasi kompetensi yang diperoleh dari lembaga pendidikan/SMK.

Artikel Menarik Lainnya :  Jadwal Asesmen Nasional SD Diubah, Ini Info Lengkapnya...

Industri/ DUDIKA mempunyai tujuan, di antaranya (1) menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, (2)  meningkatkan dan memperkokoh keterkaitan dan kesepakatan (link and match) antara lembaga pendidikan dan DUDIKA, (3) meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kerja yang berkualitas professional dengan memanfaatkan sumber daya pelatihan yang ada di dunia kerja, dan (4) memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian  dari proses pendidikan.

Hadir dalam acara tersebut Mahmud SPd MPd (Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII), Dr Fitri Rahmawati MP (pendamping dari UNY), Didi Febri Handoko (Human Capitol Manajer Hotel Atria Magelang), Aluysia Murianingsih (Pimpinan Ria Salon Borobudur Kabupaten Magelang), Alvin Aribowo (Pimpinan Omah Tjilik House of Kebaya Wonosobo), Retno Wulan Pratiwi Qomar ( Pimpinan Butik Retno Qomar Magelang), Nur Oktaviani (Pimpinan Via Boutique Magelang), Novia Eka Pratiwi (Pimpinan Paradise Butik Magelang), Novia Kurniawati (Pimpinan Devecca Boutique Magelang), Harni Wijayanti (HRD PT Mataram Tunggal Garment Yogyakarta), Hasan Madani SKom (Motion Creative Magelang), Dewi Prastiningrum SIKom (Kepala Grabag TV Magelang), Tim manajemen SMK N 3 Magelang dan guru- guru kejuruan SMK N 3 Magelang.

Setelah paparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama DUDIKA di masing-masing program keahlian. (adv/tim jurnalistik skaniga : Umi Khayah R)