Ikut Jalan Sehat, Warga Temanggung Bawa Pulang Bawa Sapi

fun bike.
HADIAH UTAMA. Diyah Arifah Putri menerima hadiah utama berupa sapi dalam jalan santai di Kecamatan Bulu, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Diyah Arifah Putri (21) memang bernasib sangat baik. Tak disangka-sangka dan tak diduga, perempuan asal Wolodono Kecamatan Bulu itu beruntung membawa pulang hadiah seekor sapi setelah mengikuti jalan sehat yang dibarengkan acara fun bike (sepeda santai), Minggu (24/11) di Kecamatan Bulu.

Jalan sehat dan fun bike diselenggarakan dalam rangka menyemarakan Peringatan Hari Jadi ke-185 Kabupaten Temanggung yang memperebutkan banyak hadiah. Selain hadiah utama seekor sapi, juga 1 unit sepeda motor, sepeda gunung, televisi, kulkas, kompor gas dan sejumlah hadiah menarik lain serta puluhan doorprize cantik.

Peserta jalan sehat  dan fun bike dilepas oleh Wakil Bupati Heri Ibnu Wibowo dari lapangan Desa Ngimbrang Kecamatan Bulu. Acara tersebut juga dihadiri Bupati HM Al Khadziq, pejabat Forkompimda, pejabat terkait dan diikuti ribuan warga masyarakat.

Bupati HM Al Khadziq dalam sambutannya mengajak kepada masyarakat untuk gemar berolahraga di antaranya dengan jalan sehat. Rajin berolahraga ujarnya membuat badan dan jiwa menjadi sehat, sehingga bisa menjalani kehidupan dengan gembira dan produktif. Hal itu selaras dengan pepatah Yunani ‘mens sana in corpore sano’ yaitu di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Baca Juga
Dianggap Mengganggu, Pemkot Tertibkan Pedagang Liar di Jalan Gatot Soebroto

Berkait dengan momentum peringatan hari jadi ke-185 Kabupaten Temanggung tahun 2019, Bupati mengajak segenap warga masyarakat bersatu padu bersama-sama membangun Temanggung agar semakin maju dan berkembang. Dengan demikian diharapkan kedepan Temanggung bertambah makmur dan masyarakat hidupnya lebih sejahtera.

“Melalui peringatan hari jadi ke-185 Kabupaten Temanggung saya mengajak segenap masyarakat bersatu, bersaudara dan maju bersama melaksanakan pembangunan guna mewujudkan Temanggung yang sejahtera, toto, titi, tentrem, marem dan gandem serta mendapat berkah dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” ajaknya.

Seluruh peserta kemudian melaksanakan jalan sehat dengan menempuh jarak sekitar 5 kilometer keliling Desa Ngimbrang. Demikian pula peserta fun bike mengayuh sepedanya sejauh 25 km melewati Kedu, Parakan, Bulu dan finish di lapangan Desa Ngimbrang. Setelah semuanya masuk garis finish baik peserta jalan sehat maupun sepeda santai, kemudian dilakukan pengundian hadiah. Beruntung untuk hadiah utama seekor sapi dibawa pulang Diyah Arifah Putri seorang ibu rumah tangga asal Wolodono Bulu setelah nomor kupon yang dimiliki keluar sebagai pemenang. Hadiah sapi  berukuran cukup besar itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati HM Al Khadziq.

“Sungguh bahagia tak menduga saya beruntung mendapatkan hadiah seekor sapi berkat ikut jalan sehat. Sapi selanjutnya akan saya jual dan uangnya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan hidup di antaranya untuk biaya akikah anak yang beberapa bulan lalu dilahirkan,” tutur Arifah berkaca-kaca menahan tangis bahagia.

Kabag Humas Witarso Saptono Putro mengatakan kegiatan jalan sehat di Kecamatan Bulu merupakan putaran yang ketiga atau terakhir. Sebelumnya jalan sehat diselenggarakan di Kecamatan Candiroto dan Gemawang juga dengan memperebutkan hadiah utama seekor sapi, sejumlah sepeda motor, sepeda gunung, televisi, kulkas, kompor gas dan lain-lain.

Dikemukakan selain jalan sehat, rangkaian acara HUT Kabupaten Temanggung telah digelar Temanggung Fair, gerebeg Parakan, tahlil dan penggantian songsong Djojonegoro di masjid Agung Darussalam Temanggung. Di samping itu juga melaksanakan upacara dikaitkan peringatan hari pahlawan, pentas hiburan panggung rakyat di Temanggung dan Ngadirejo serta Temanggung night carnival menyuguhkan tari kolosal bumi perdikan di kota Temanggung.

“Kegiatan lain berupa kontes sapi dan pertandingan olahraga di antaranya sepakbola pelajar, basket, bola voli, futsal, bulutangkis, tenis meja, atletik, catur dan off road,” ujarnya. (set)